10 Makanan Mengandung Magnesium Tinggi, Bikin Tubuh Makin Sehat

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Kamis 11 Februari 2021 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 11 481 2360413 10-makanan-mengandung-magnesium-tinggi-bikin-tubuh-makin-sehat-ZlbPghybRG.jpeg Makanan sumber magnesium yang baik untuk kesehatan tubuh. (Foto: Healthifyme)

MAGNESIUM merupakan mineral yang sangat penting untuk tubuh. Pasalnya, magnesium ampuh menjaga kesehatan tubuh. Tubuh orang dewasa membutuhkan 25 gram magnesium dengan 50 persen hingga 60 persen di dalam tulang dan sisanya di jaringan lunak.

Anda bisa menemukan magnesium di banyak makanan dan sayuran. Namun, terkadang orang tidak mendapatkan asupan magnesium harian sebesar 400 mg. Oleh karena itu, Anda bisa memenuhi kebutuhan magnesium harian dengan mengonsumsi makanan mengandung magnesium tinggi.

Baca juga: Selain Daging, Ini 4 Makanan Sehat yang Kaya Protein 

Seperti dilansir laman Times of India, berikut ini 10 makanan yang mengandung magnesium tinggi, ampuh membantu Anda memenuhi kadar magnesium dalam tubuh.

1. Cokelat hitam

Selain rasanya enak, cokelat hitam atau dark chocolate kaya magnesium. Lalu juga tinggi zat besi, tembaga, mangan, dan mengandung serat. Ini juga dilengkapi antioksidan yang membantu mencegah kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Cokelat hitam baik untuk kesehatan jantung dan mencegah kolesterol jahat teroksidasi. Anda bisa memilih cokelat yang mengandung 70 persen kakao.

Dark chocolate. (Foto: Nattiononlineng)

2. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak dan magnesium yang sehat. Alpukat juga kaya akan potasium, vitamin B, dan vitamin K, serta lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung. Alpukat merupakan sumber serat yang sangat baik, serta dapat mengurangi peradangan, meningkatkan kadar kolesterol, dan membuat Anda merasa kenyang.

3. Kacang

Kacang merupakan camilan yang sehat dan ramah penurunan berat badan. Kacang yang tinggi magnesium seperti kacang mete dan kacang brasil. Kacang menyehatkan jantung dan memiliki sifat anti-inflamasi.

Baca juga: Mi Shirataki Sangat Rendah Kalori, Simak 3 Manfaatnya untuk Kesehatan 

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan termasuk bagian dari makanan sehari-hari, seperti lentil, kacang-kacangan, buncis, kacang polong, dan kedelai. Kacang polong mengandung serat yang tinggi dan memiliki indeks glikemik rendah yang dapat menurunkan kolesterol, meningkatkan kadar gula darah, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Tahu

Tahu memiliki kandungan protein yang tinggi. Satu porsi tahu mengandung 10 gram protein dan 10 persen kalsium, zat besi, mangan dan selenium yang direkomendasikan setiap hari. Mengonsumsi tahu dapat membantu melindungi sel-sel yang melapisi arteri Anda dan mengurangi risiko kanker perut.

6. Biji-bijian

Biji rami, biji labu, dan biji chia juga merupakan sumber magnesium yang baik. Selain itu, biji ini juga kaya zat besi, lemak tak jenuh tunggal, dan asam lemak omega-3. Ini juga memiliki antioksidan, serat, dan dapat meningkatkan metabolisme Anda. Biji rami juga membantu mengurangi kolesterol.

7. Biji-bijian utuh

Makanan gandum utuh bagus untuk kesehatan secara keseluruhan. Makanan ini sering direkomendasikan saat sedang merencanakan penurunan berat badan. Makanan gandum utuh seperti soba dan quinoa adalah sumber magnesium yang sangat baik. Mengonsumsi gandum utuh terbukti mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Baca juga: 4 Makanan Ini Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga, Pulihkan Kondisi Tubuh 

Ikan. (Foto: Boldsky)

8. Beberapa ikan berlemak

Beberapa ikan berlemak tinggi magnesium, termasuk salmon, mackerel, dan halibut ini kaya kalium, selenium, vitamin B, dan berbagai nutrisi lainnya.

9. Pisang

Selain karena kandungan potasiumnya tinggi yang dapat menurunkan tekanan darah dan dikaitkan dengan penurunan penyakit jantung, pisang juga kaya magnesium. Pisang memiliki vitamin C, vitamin B6, mangan, dan serat. Pisang memiliki pati resisten, yang sebenarnya dapat menurunkan kadar gula darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan usus.

10. Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung jumlah kalsium yang cukup termasuk kale, bayam, lobak hijau, dan sawi. Sayuran hijau adalah sumber nutrisi yang sangat baik, termasuk zat besi, magnesium, serta vitamin A, C dan K. Ini juga membantu melindungi sel dari kerusakan dan dapat mengurangi risiko kanker.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini