Alami Sariawan, Oleskan Madu Manuka Biar Cepat Sembuh

Diana Rafikasari, Jurnalis · Kamis 11 Februari 2021 20:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 11 481 2360726 alami-sariawan-oleskan-madu-manuka-biar-cepat-sembuh-rs1ErmgiNX.jpg Ilustrasi madu manuka obat sariawan. (Foto: Fancycravel1/Pixabay)

SETIAP orang pasti pernah merasakan sakit sariawan. Tapi tahukah Anda, sariawan ternyata bisa diatasi dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Salah satunya adalah madu manuka.

Laman WebMD melaporkan bahwa madu manuka memiliki kualitas antibakteri alami dan memiliki sifat anti-inflamasi. Hal ini memungkinkan pengobatan alami untuk mengurangi rasa sakit yang terkait dengan sariawan.

Baca juga: Mengenal Asal Usul dan Manfaat Madu Manuka dari Selandia Baru

Lebih lanjut, manfaat penyembuhan luka dari madu manuka telah banyak dilaporkan. Dikatakan bahwa mengoleskannya bisa meningkatkan produksi sel khusus yang dapat memperbaiki jaringan yang rusak akibat sariawan.

Sariawan. (Foto: Shutterstock)

Sebagaimana dilansir Express, sebuah penelitian yang diterbitkan di National Library of Medicine menilai seberapa efektif madu sebagai pengobatan topikal untuk sariawan.

Para peneliti mendaftarkan 94 peserta yang menderita setidaknya satu sariawan yang menyakitkan. Sebagai perbandingan, metode pengobatan lain yang digunakan termasuk orabasel atau pengobatan untuk sariawan dan kortikosteroid topikal.

Baca juga: Kena Vertigo, Coba Atasi dengan Teh Jahe dan Madu 

Para peneliti mencatat ada perbedaan yang signifikan secara statistik antara kelompok madu dan dua kelompok lainnya. Perbedaan yang diamati adalah dalam hal pengurangan ukuran sariawan, nyeri, dan derajat eritema yaitu kemerahan.

Semua metode pengobatan tidak menghasilkan efek samping yang dilaporkan. Hasilnya ditemukan madu efektif dan aman dalam mengurangi nyeri sariawan ringan, ukuran, dan eritema.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini