4 Cara Membedakan Madu Asli atau Palsu, Jangan Sampai Salah Ya

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 12 Februari 2021 05:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 11 481 2360753 4-cara-membedakan-madu-asli-atau-palsu-jangan-sampai-salah-ya-gSfRFKvnuq.jpg Ilustrasi madu yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. (Foto: Racool Studio/Freepik)

MADU adalah salah satu asupan yang baik untuk kesehatan tubuh. Banyak manfaat bisa didapat dari madu. Mulai menambah kekebalan tubuh hingga mempercepat penyembuhan luka.

Madu sangat enak dinikmati karena memberikan rasa manis dan lembut di mulut. Karena itu, madu sering dijadikan penambah bahan makanan atau minuman.

Baca juga: Alami Sariawan, Oleskan Madu Manuka Biar Cepat Sembuh 

Namun terkadang sulit membedakan mana madu asli yang masih murni dengan yang sudah dicampur. Yuk simak cara membedakannya, seperti dilansir laman Times of India.

1. Madu murni tidak mengkristal

Sebagian orang memilih menyimpan madu di dalam lemari es agar lebih aman terhindar dari bakteri. Saat didinginkan madu murni tidak akan mengkristal, tapi akan berbentuk kental seperti aslinya.

Madu. (Foto: Fancycravel1/Pixabay)

2. Berbentuk buih putih

Madu asli murni akan terbentuk buih putih, dan tandanya tanpa bahan pengawet kimiawi. Jadi bisa langsung mengonsumsinya, bahkan dapat dijadikan bahan kecantikan.

Baca juga: 9 Manfaat Alami Madu, Redakan Batuk hingga Hilangkan Ketombe 

3. Mudah terbakar

Cobalah membakar madu yang Anda miliki. Jika mudah terbakar, maka tandanya asli murni. Tapi apabila tidak bereaksi apa pun, bisa dipastikan madu itu sudah diberi bahan tambahan lainnya.

4. Tidak berbusa

Campuran cuka dan madu bisa menjadi cara mudah untuk mengenali madu palsu atau murni. Cobalah campurkan beberapa tetes madu ke dalam larutan air cuka. Jika mulai berbusa, mungkin itu pertanda kualitas madu terkontaminasi.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini