10 Bunga Termahal di Dunia, Ada yang Tembus Rp58 Miliar

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Kamis 11 Februari 2021 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 11 612 2360456 10-bunga-termahal-di-dunia-ada-yang-tembus-rp58-miliar-SUjOfH7mCK.jpg Juliet rose masuk jajaran bunga termahal di dunia. (Foto: Wiki Nurserylive)

BUNGA adalah salah satu bentuk keindahan alam. Bunga juga menjadi salah satu hadiah yang cocok untuk orang tercinta. Bunga-bunga indah kini banyak dijual, harganya pun bervariasi. Tetapi ternyata ada jajaran bunga termahal di dunia.

Apa saja sih bunga termahal di dunia itu? Berikut ini 10 di antaranya, seperti dilansir laman Wonderlist.

Baca juga: 5 Cara Menyimpan Bunga Supaya Kesegarannya Tahan Lama 

1. Bunga Kadupul - Bunga yang tak ternilai harganya

Keindahan bunga kadupul sangat menawan yang hanya mekar sekali dalam setahun sekali. Ketika bunga ini mekar, hanya melakukannya di malam hari dan akan layu sebelum fajar.

Ini adalah bunga yang tidak dapat dipetik tanpa menyebabkan kerusakan. Bunga ini juga tidak dapat dibeli. Kabarnya bunga kadupul tidak bisa dibeli oleh siapa pun karena tak ternilai harganya.

Bunga kadupul. (Foto: Wiki Nurserylive)

2. Juliet Rose

Memulai debutnya pada 2006 di Chelsea Flower Show, dan menggemparkan dunia, bukan hanya karena keanggunan dan keindahannya yang berwarna merah, tetapi karena juliet rose adalah salah satu bunga termahal yang pernah dikembangkan. Bunga langka ini dikenal sebagai "mawar 3 juta poundsterling" atau setara dengan Rp58 miliar.

3. Anggrek Nongke Shenzhen

Bunga indah ini dikembangkan di laboratorium oleh perusahaan riset pertanian Shenzhen Nongke Group. Para peneliti membutuhkan waktu 8 tahun untuk menanam anggrek ini.

Pada 2005, bunga ini dijual dengan melelangnya mulai dari harga 1,68 juta yuan. Hal yang mengejutkan adalah bunga ini dibeli tanpa ada negosiasi dan dinobatkan sebagai bunga termahal yang pernah dibeli. Bahkan kabarnya, bunga yang indah ini juga bisa melonjak naik dengan berharga sebanyak USD202.000.

Baca juga: Unik, Bunga Ini Mahir Berkamuflase Supaya Tidak Dipetik Manusia 

4. Anggrek Kinabalu Emas

Akibat kelangkaan dan keindahannya, anggrek emas kinabalu merupakan salah satu bunga termahal yang pernah dijual. Anggrek emas kinabalu hanya ditemukan di Taman Nasional Kinabalu di Malaysia.

Bunga ini juga dikenal sebagai anggrek sandal Rothschild. Ini merupakan spesies anggrek berdaun jernih berukuran besar. Kabarnya, satu batang bunga ini dijual USD5.000 atau setara Rp69 juta.

5. Saffron Crocus

Saffron Crocus adalah salah satu bunga termahal di dunia. Dengan warnanya yang ungu dan benang sari kuningnya, membuat bunga ini jadi lebih unik. Saffron lebih terkenal sebagai bumbu daripada bunga mekar, tetapi masih biasa dijual sebagai bunga.

6. Tulip Bulb abad ke-17

Tulip bulb dapat dibeli dengan harga lebih dari USD9 untuk satu batangnya. Dengan warnanya yang unik ini, kabarnya bunga ini bisa dijual dengan harga USD5.700 (Rp79 juta) selama abad ke-17 Tulip Mania. Selain itu, bunga ini terkenal dengan statusnya yang lebih berharga daripada emas.

7. Lily Gloriosa

Bunga asli yang hanya ada di Afrika Selatan dan Asia, lily gloriosa adalah salah satu bunga termahal karena langka dan unik. Bunga lily gloriosa dikenal dengan bunganya yang mencolok dengan kelopak yang menonjol, terlipat, dan warna yang berubah dari ujung ke tengah.

Baca juga: Tak Cuma Tanaman, Penjualan Bunga Juga Harum Selama Pandemi 

8. Hydrangea

Hydrangea adalah salah satu dari 75 spesies tumbuhan berbunga yang berasal dari Asia bagian selatan dan Amerika. Bunga termahal kedelapan ini kebanyakan mekar berwarna putih, tetapi beberapa bunga lainnya terkenal berwarna biru, merah muda, ungu muda atau ungu. Varietas biru murni ini akan dibanderol mulai USD2 hingga USD7 per batang.

9. Lily of the Valley

Tanaman beraroma harum yang juga terkenal beracun ini berasal dari seluruh belahan bumi utara beriklim sejuk di Asia dan Eropa. Mereka adalah bunga termahal kesembilan di dunia. Per tandannya bisa berharga sekira USD143 tetapi dalam buket. Bahkan katanya bunga ini bisa memiliki harga mencapai USD350 (Rp4.800.00).

10. Lisianthus

Eustoma grandiflorum atau lebih dikenal sebagai lisianthus adalah bunga yang mekar setiap tahun. Mereka tumbuh di daerah hangat di Amerika Serikat Selatan, Meksiko, Karibia, dan Amerika Selatan bagian utara.

Mereka memiliki berbagai warna dari ungu pucat, putih, lavender, dan bahkan ungu biru. Bunga yang indah ini harganya sekira USD35 per bundel. Jika Anda membeli lebih dari 5 tandan sekaligus, harganya turun menjadi USD32 untuk satu tandan. Terkadang pemilik toko menjualnya dengan harga USD2 sampai USD4 (Rp55 ribu) per batang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini