Tradisi Sawer Angpao untuk Barongsai Bisa Datangkan Cuan dan Buang Sial

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 11 Februari 2021 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 11 612 2360523 tradisi-sawer-angpao-untuk-barongsai-bisa-datangkan-cuan-dan-buang-sial-VvSf37Z4zx.jpg Beri angpao untuk barongsai dipercaya datangkan cuan dan buang sial (Foto : Gambaraphotography)

Serba-serbi perayaan Imlek selalu menarik untuk disimak. Selain dekorasi rumah dengan berbagai hidangan lezat, tradisi memberikan angpao juga selalu dinantikan oleh masyarakat Tionghoa.

Angpao (Hanzi) adalah amplop merah yang biasanya berisikan sejumlah uang sebagai hadiah menyambut tahun baru Imlek. Tradisi memberikan angpao ini memang telah diwariskan turun-temurun sejak zaman Ming dan Qing.

Berdasarkan hasil penelusuran MNC Portal, memberikan angpao pada hari Imlek ternyata memiliki makna filosofis. Warna merah pada amplop yang membungkus uang melambangka kegembiraan, semangat yang pada akhirnya akan membawa yang nasib baik bagi penerimanya.

Barongsai

Berdasarkan kepercayaan tersebut, tak heran jika angpao juga sering diberikan pada beberapa acara penting seperti pernikahan, hari ulang tahun, syukuran rumah baru, dan hal-hal lain yang sifarnya suka cita.

Baca Juga : Kisah Vania Nunggu Imlek karena Panen Angpao

Pada perayaan Imlek, angpao ternyata tidak hanya diberikan kepada sanak saudara atau orang-orang terdekat, tetapi juga kepada para penari barongsai.

Menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa, memberikan angpao ke dalam mulut barongsai bertujuan untuk membuang semua kesialan dan mendatangkan rezeki bagi si pemberi angpao. Ketika seseorang memberikan angpao, keburukannya akan dimakan lalu di cuci bersih oleh barongsai.

Tak heran selama perayaan Imlek berlangsung, para penari mendapatkan banyak angpao dari penonton.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini