3 Efek Samping Ini Menandakan Vaksin Covid-19 Sedang Bekerja

Diana Rafikasari, Jurnalis · Sabtu 13 Februari 2021 05:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 12 481 2361230 3-efek-samping-ini-menandakan-vaksin-covid-19-sedang-bekerja-BPbiecJnI8.jpg Ilustrasi vaksin covid-19. (Foto: Jcomp/Freepik)

VAKSIN covid-19 dilaporkan memiliki efek samping ketika disuntikkan ke tubuh penerimanya. Namun, tidak semua efek samping vaksin covid-19 buruk. Bisa jadi efek samping yang ditimbulkan adalah tanda vaksin sedang bekerja membangun kekebalan yang diperlukan.

Efek samping vaksin covid-19 kebanyakan dalam level ringan atau sedang. Kemudian berlangsung dua hingga tiga hari, dan dapat dengan mudah ditangani.

Baca juga: Kemenkes Izinkan Penyintas Covid-19 dan Ibu Menyusui Divaksin Covid-19 

Tapi yang perlu diketahui adalah sebagian besar efek samping vaksin covid-19 merupakan indikasi dari sistem kekebalan yang menghasilkan respons.

Dalam kasus vaksin covid-19, efek samping yang aneh adalah respons alami sistem kekebalan terhadap banyak protein lonjakan yang dibuat di dalam tubuh, tepatnya ketika tubuh mengidentifikasi potensi ancaman. Oleh karena itu, tidak perlu terlalu khawatir.

Ilustrasi vaksin covid-19. (Foto: Freepik)

Rasa menggigil dan nyeri yang dirasakan bisa menjadi indikator vaksin melatih tubuh mengenali patogen.

Ahli epidemiologi sekaligus Kepala Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), dr Anthony S Fauci, mengatakan ada beberapa tanda serta gejala klasik yang dapat membantu seseorang memeriksa apakah vaksin bekerja dengan baik.

Berikut ini tiga efek samping yang menandakan vaksin covid-19 sedang bekerja membangun sistem kekebalan tubuh, seperti dilansir Times of India.

Baca juga: Jaga Kualitas Vaksin Covid-19, Proses Distribusinya Dilengkapi Sistem Pelacakan 

1. Nyeri otot dan persendian

Nyeri otot intensitas rendah dan nyeri sendi adalah respons sistematis yang dihasilkan saat vaksin covid-19 diberikan di dalam tubuh. Ini juga salah satu efek samping paling umum yang dialami oleh orang-orang yang telah menerima vaksin virus corona.

Bisa jadi berjam-jam atau berhari-hari sebelum seseorang mulai mengalami nyeri sendi atau gejala artralgia, tetapi kemungkinan besar rasa sakit atau nyeri apa pun merupakan indikator kuat dari sistem kekebalan yang menghasilkan antibodi sebagai respons terhadap vaksin covid-19.

Sebagian besar rasa sakit dan nyeri sembuh dengan sendirinya, minum obat antinyeri dan pereda nyeri juga dapat dicoba untuk mengatasinya.

2. Sakit kepala

Sakit kepala juga saat ini menjadi gejala kedua yang paling sering tercatat dengan vaksin yang diinokulasi di India dan luar negeri. Ini adalah indikator yang jelas dari tubuh yang menghasilkan peradangan sistematis. Pengamatan CDC juga menunjukkan bahwa sakit kepala lebih sering terjadi setelah vaksin covid-19 dosis kedua.

Baca juga: Ini Alasan Indonesia Pakai Sinovac sebagai Vaksin Covid-19 

3. Kelelahan

Mengalami kelelahan setelah vaksinasi covid-19 juga dapat berarti bahwa tubuh sedang membangun perlindungan yang diperlukan terhadap virus corona. Kelelahan bisa disertai perasaan menggigil dan nyeri ringan yang dapat membuat seseorang pingsan.

Inilah salah satu alasan para dokter sekarang menyarankan pasien untuk mempraktikkan beberapa perawatan dan pencegahan setelah vaksinasi atau jika mungkin istirahat yang cukup setelah vaksinasi. Kelelahan juga bisa membuat sebagian orang pingsan. Oleh karena itu, orang yang berusia di atas 55 tahun harus lebih berhati-hati.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini