5 Tips Rayakan Imlek di Rumah, Tetap Seru Lebih Berfaedah

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 12 Februari 2021 09:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 12 612 2360868 5-tips-rayakan-imlek-di-rumah-tetap-seru-lebih-berfaedah-q02TPF7gm8.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Ada yang berbeda pada perayaan imlek atau tahun baru China kali ini. Pasalnya, dengan kasus positif Covid-19 yang masih melonjak membuat pemerintah masih memberlakukan sistem Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Dengan demikian, masyarakat diimbau agar melaksanakan kegiatan di rumah saja, termasuk perayaan imlek. Akan tetapi, merayakan imlek di rumah saja bukan berarti menjadi sesuatu yang membosankan. Karena melansir Euro News, berikut tips untuk Anda yang merayakan imlek di rumah.

Buat (atau pesan) makanan enak

makan mie

Karena simbolisme memainkan peran yang sangat besar dalam budaya Tionghoa, makanan membawa banyak makna positif bagi keluarga Tionghoa di sepanjang tahun ini.

Pangsit dan lumpia adalah hidangan pembuka favorit, dan diyakini bahwa menyantap suguhan gurih memiliki keuntungan finansial. Salah satu jenis pangsit yang populer disebut 'kantong uang' karena bentuknya, dan tradisi makan pangsit dimaksudkan untuk membawa kemakmuran dan keberuntungan untuk tahun yang akan datang.

Untuk makan malam yang lebih sederhana, tetapi sama lezatnya, Anda dapat menikmati mi dengan harapan agar diberikan umur yang panjang, ditemani dengan ayam atau ikan yang sangat populer di sepanjang tahun ini karena hubungannya dengan kemakmuran.

Baca Juga : Tampilan Inul Daratista Mirip Bibi Lung : Rayakan Imlek dengan Prokes

Rapikan rumah

Awal Februari adalah waktu yang pas bagi warga Tionghoa untuk membersihkan rumah mereka dari barang-barang yang telah terkumpul sepanjang tahun sebelumnya.

Menurut kebiasaan ini, membuka ruang Anda untuk Tahun Baru dengan hiasan adalah cara terbaik untuk mengundang energi baru ke dalam. Lakukan pembersihan rumah seperti menyapu, mengepel, menata kembali barang, hingga memasang dekorasi yang cantik.

Hiasi rumah Anda dengan warna sebanyak mungkin

Lampion

Meniru warna merah dan emas biasa dapat dilakukan melalui pembuatan lentera kertas, menggantung spanduk sutra, atau membuat kue keberuntungan dekoratif Anda sendiri.

Banyak orang juga akan melewatkan pertunjukan kembang api karena kegiatan masyarakat masih dibatasi. Namun Anda selalu dapat melakukan ini dalam skala yang lebih kecil dengan mencari kembang api secara online untuk mendapatkan semangat perayaan di mana pun Anda berada.

Percaya takhayul

Bukan rahasia lagi bahwa budaya Tionghoa menganut sejumlah takhayul yang memiliki banyak gravitasi dalam kehidupan banyak orang. Periode ini membawa sejumlah takhayul yang berpusat di sekitar kekayaan.

Jika Anda mencari keberuntungan, jangan cuci rambut atau cucian Anda pada saat imlek, karena hal itu dikatakan akan menghapus kekayaan masa depan Anda.

Berikan amplop merah untuk keluarga dan teman

Merah adalah warna di garis depan semua perayaan, bahkan di luar dekorasi. Kirimkan orang-orang tersayang yang biasanya Anda rayakan dengan sedikit uang di amplop kertas merah.

Jika Anda lebih suka memberi hadiah, itu juga bagus. Bungkus perhiasan kecil dengan kertas crêpe dan ikat dengan tali emas untuk hasil akhir yang indah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini