8 Pantangan Selama Tahun Baru Imlek, Apa Saja?

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Jum'at 12 Februari 2021 12:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 12 612 2360954 8-pantangan-selama-tahun-baru-imlek-apa-saja-k8YfDMtZDo.jpg Imlek (Foto: About Thailand Living)

Perayaan Tahun Baru Imlek jatuh pada 12 Februari disambut dengan senyuman, keberuntungan, dan kebahagian. Berbagai cara dilakukan untuk menyambut Imlek, mulai dari mendekorasi rumah, berkumpul bersama keluarga, hingga membagikan angpao.

Meskipun perayaan Imlek menjadi momen berbagai kebahagiaan, ternyata ada beberapa aturan dan pantangan yang perlu dihindari.

Lalu apa saja pantangan selama Tahun Baru Imlek yang perlu dihindari agar keberuntungan datang pada Anda, seperti dilansir dari Chinese New Year.

 Imlek

1. Jangan mengucapkan kata-kata negatif

Semua kata dengan konotasi negatif dilarang, termasuk: kematian, sakit, kosong, sakit, hantu, miskin, hancur, membunuh dan banyak lagi. Jangan katakana hal-hal negatif jika tidak ingin membawa sial atau kemalangan kepada diri sendiri dan orang yang Anda cintai.

 

2. Jangan sampai memecahkan keramik atau kaca

merusak sesuatu akan memutuskan hubungan Anda dengan kemakmuran dan kekayaan. Jika piring atau mangkuk terjatuh, segera bungkus dengan kertas merah sambil menggumamkan kalimat keberuntungan.

3. Jangan menyapu

Sebelum Imlek, ada hari pembersihan untuk menyingkirkan kesialan. Namun saat perayaan sebenarnya, hal itu menjadi hal yang tabu. Membersihkan, menyapu, atau membuang sampah justru dapat menyapu keberuntungan.

4. Jangan gunakan gunting, pisau atau benda tajam lainnya

Ada 2 alasan dibalik aturan ini. Gunting dan jarum tidak seharusnya digunakan. Di masa lalu, ini bertujuan untuk memberikan wanita istirahat.

Benda tajam pada umumnya akan memotong aliran kekayaan dan kesuksesan. Inilah alasan mengapa salon rambut tutup saat Imlek. Memotong rambut merupakan pantangan dan dilarang hingga Lunar 2 Februari, ketika semua perayaan selesai.

5. Jangan mengunjungi keluarga istri

Secara tradisional, beberapa generasi hidup bersama. Pengantin wanita pindah ke rumah pengantin pria setelah menikah. Dan, tentu saja, dia akan merayakan Tahun Baru Imlek bersama mertuanya.

Kembali ke orang tuanya pada Hari Tahun Baru berarti ada masalah pernikahan dan akan membawa nasib buruk bagi seluruh keluarga. Pasangan harus mengunjungi keluarga istri pada hari ke-2. Membawa anak-anak mereka, serta hadiah.

 

6. Jangan menuntut pembayaran utang

Kebiasaan ini bertujuan agar setiap orang dapat merayakan Imlek tanpa khawatir. Jika Anda menagih utang kepada seseorang, maka Anda akan membawa nasib buruk bagi kedua belah pihak. Namun, sebaliknya setelah hari ke-5 meminjam uang juga dilarang.

7. Hindari berkelahi dan menangis

Orang dewasa sebisa mungkin tidak menangis, tetapi jika seorang anak yang menangis, jangan menegur mereka. Semua masalah harus diselesaikan dengan damai. Di masa lalu, tetangga akan datang untuk bermain sebagai pembawa damai jika ada pertengkaran yang terjadi. Ini semua untuk melancarkan Perayaan Imlek.

 

8. Hindari minum obat

Cobalah untuk tidak minum obat selama Perayaan Imlek untuk menghindari sakit sepanjang tahun. Namun, jika Anda sakit kronis atau terkena penyakit serius secara tiba-tiba, kesehatan harus tetap diutamakan sebab ini adalah pengecualian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini