Punya Banyak Sisa Buah Jeruk saat Imlek? Olah Jadi Ini Saja

Uthari Handayani, Jurnalis · Jum'at 12 Februari 2021 12:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 12 612 2360961 punya-banyak-sisa-buah-jeruk-saat-imlek-olah-jadi-ini-saja-ykmll9hW5w.jpeg Jeruk mandarin (Foto: LITA)

Jeruk merupakan salah satu hal penting di saat perayaan Imlek. Kehadirannya dipercaya dapat membawa rezeki dan merupakan simbol dari keberuntungan.

Di dalam tradisinya, jeruk dijadikan hadiah tiap kali berkunjung ke rumah kerabat. Namun, apa jadinya jika jeruk-jeruk tersebut tidak habis dalam sekali waktu?

Daripada menunggunya busuk lebih baik dijadikan kreasi lain. Dengan begitu kita dapat menikmati buah ini dari berbagai cara. Ikuti beberapa idenya berikut ini yuk yang dilansir dari Young Post.

 Jus jeruk

1. Jus

Menjadikan jeruk ke segelas jus sudah pasti hal pertama yang terlintas di kepala. Sebelum memeras jeruk ada baiknya untuk mememarkannya dulu dengan cara ditekan-tekan atau digulung. Kemudian potong menjadi dua dan tekan di alat pemeras. Untuk sensasi yang lebih segar, tambahkan sebatang serai.

 

2. Pengharum ruangan

Jeruk terkenal dengan aromanya yang menyegarkan dan ini akan sangat pas jika disebarkan ke seluruh ruangan di rumah. Caranya adalah masukkan kulit jeruk, batang kayu manis, dan segenggam cengkih ke dalam panci berisi air. Lalu biarkan mendidih menggunakan api sedang. Dengan begitu wanginya akan menyerbak. Atau yang lebih awetnya bahan-bahan tadi dikeringkan menggunakan oven dan disimpan dalam sebuah mangkuk di tiap ruangan.

3. Selai jeruk

Untuk jumlah sisa jeruk yang melimpah, jadikanlah selai. Mudah saja, kupas kulit dan buang bijinya. Lalu masukkan ke dalam panci berisi air mendidih. Tambahkan sedikit irisan kulit jeruk untuk rasa yang ekstra. Setelah itu tambahkan gula dan perasan lemon secukupnya. Terus aduk hingga menjadi gel dan selai siap dioleskan pada roti.

4. Ditanam

Menanam pohon jeruk adalah salah satu perbuatan yang mulia. Selain memanfaatkan semua bagian buahnya, ini juga merupakan investasi yang menguntungkan di beberapa tahun ke depan. Rendam bijinya semalaman lalu masukkan ke dalam pot kecil berisi tanah lembab.

Kubur dengan kedalaman kira-kira tiga sentimeter. Simpan di tempat yang mendapatkan sinar matahari langsung dan jangan dibiarkan mengering. Selalu siram tanaman ini setiap hari. Setelah mulai muncul kecambahnya, pindahkan ke pot yang lebih besar.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini