Ingin Mulai Berkebun, 5 Hal Ini Wajib Dilakukan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 13 Februari 2021 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 12 612 2361226 ingin-mulai-berkebun-5-hal-ini-wajib-dilakukan-yOaMLshkpi.jpg Ilustrasi berkebun. (Foto: Thespruce)

BERKEBUN adalah salah satu kegiatan yang mendadak populer di masa pandemi covid-19 ini. Pasalnya, berkebun bisa membuat diri jadi tenang ketika harus melaksanakan berbagai aktivitas dari rumah saja.

Banyak orang menyebut berkebun bagian dari seni eksperimen ilmiah. Sebab, berkebun dapat menambah keterampilan dan keberuntungan ketika panen tiba.

Baca juga: 6 Manfaat Bercocok Tanam, Bantu Lawan Penyakit hingga Jaga Daya IngatĀ 

Jika ingin berkebun tapi tidak tahu harus mulai dari mana, berikut ini lima hal yang harus diperhatikan supaya tanaman dapat tumbuh secara berkelanjutan, seperti dilansir Huffington Post.

Ilustrasi berkebun. (Foto: Jcomp/Freepik)

1. Ketahui jenis tanahnya

Penting mengetahui jenis tanah yang Anda miliki karena akan memengaruhi apa yang coba ditanam. "Hal terbaik untuk dilakukan adalah membeli sendiri alat pengujian tanah yang dapat ditemukan di sebagian besar pusat taman dan pembibitan," kata praktisi lingkungan Steven Howes.

Ini akan memberi tahu Anda apakah tanah lebih asam atau basa. Jenis tanaman yang berbeda menyukai jenis tanah berbeda pula. Meskipun tidak ada satu jenis tanah yang cocok untuk semua, sebagian besar tanaman tumbuh subur di tanah yang sedikit asam karena tanah jenis ini lebih cepat menutrisi tanaman.

2. Ketahui waktu musim tanaman

Sebelum Anda mulai menanam benih ke tanah, lakukan penelitian dan pelajari tentang musim tanam yang berbeda dan lamanya masa hidup tanaman. Ini sangat berguna untuk tanaman tahunan, sayuran taman, dan bunga yang hanya hidup selama setahun.

Baca juga: PSBB Diperpanjang, Yuni Shara Makin Sibuk BerkebunĀ 

3. Pilih sistem penanaman

Dalam hal penanaman, Anda memiliki dua pilihan: membeli benih untuk memulai dari awal atau membeli tanaman kecil yang dapat dipindahkan ke kebun. Banyak sayuran dan bunga yang mudah ditanam dari biji, menjadikannya pilihan yang lebih sederhana dan lebih terjangkau dalam banyak situasi.

4. Tentukan lokasi

Taman hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, jadi hal terpenting adalah mencari tahu apa yang cocok dan ada dalam jangkauan Anda. Penting juga mengamati bagaimana cakupan sinar matahari di lokasi tersebut.

"Kesalahan nomor 1 yang dilakukan kebanyakan juru kebun adalah menempatkan tanaman yang salah di lokasi yang salah," jelas Steven Howes.

Akibatnya, tanaman menjadi layu karena tidak cukup cahaya, serta tidak tumbuh atau berbunga. Bagi mereka yang tidak memiliki taman tetap bisa berkebun di balkon dengan pot kecil. Ini juga bisa memberikan banyak manfaat seperti mengurangi stres.

Baca juga: Mengenal Rob Greenfield, Pria yang Olah Semua Makanan dari Kebun SendiriĀ 

5. Kesabaran dan ketekunan adalah kuncinya

Berkebun adalah perlombaan yang lambat dan mantap. Jangan berharap hal-hal berkembang dalam semalam. Beberapa tanaman akan membutuhkan dua atau tiga tahun untuk mencapai ukuran optimal.

Tidak hanya itu, terkadang beberapa tanaman akan mati secara tidak terduga. Bisa karena faktor cuaca atau yang lainnya. Pada akhirnya dalam berkebun, tidak ada kesalahan, hanya eksperimen. Maka itu, bersabarlah dalam menunggu hasil dan jangan terlalu mengharapkan hasil yang indah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini