Deretan Makanan Lezat Asli Jakarta, Mana Favoritmu?

Siska Permata Sari, Jurnalis · Minggu 14 Februari 2021 05:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 13 298 2361578 deretan-makanan-lezat-asli-jakarta-mana-favoritmu-7NL3nxlaa1.jpg Asinan Betawi salah satu kuliner Jakarta yang sangat lezat. (Foto: Wikipedia)

MAKANAN lezat asli Jakarta cukup banyak tersedia. Disebut lezat karena memiliki rasa unik dan berbeda dari kuliner di daerah lain.

Makanan asli Jakarta menjadi salah satu kebudayaan Betawi yang perlu dilestarikan. Pasalnya selain rasanya lezat, kuliner khas Ibu Kota ini juga sarat nilai-nilai budaya.

Baca juga: 5 Makanan Ini Ampuh Hilangkan Mata Panda, Yuk Sering DikonsumsiĀ 

Penasaran apa saja makanan asli Jakarta? Simak deretannya berikut ini, sebagaimana dirangkum Media Portal Indonesia.

1. Roti buaya

Jika membahas makanan asli Jakarta, harus mengulas juga roti buaya. Ini salah satu makanan yang selalu ada di hari spesial warga Jakarta, seperti pernikahan dan kenduri tradisional Betawi.

Di balik bentuknya yang unik, ternyata roti buaya menyimpan makna yang dalam. Warga Betawi percaya bahwa buaya hanya kawin sekali dengan pasangannya. Oleh karena itu, roti ini dipercaya melambangkan kesetiaan dalam pernikahan.

Roti buaya. (Foto: Okezone)

2. Kue cucur

Makanan asli Jakarta berikutnya adalah kue cucur. Jajanan pasar ini merupakan salah satu kuliner khas Betawi. Saat ini kue cucur masih mudah ditemui di pasar-pasar tradisional dan festival-festival Betawi.

Kue cucur khas Betawi sendiri dibuat dari tepung beras dan gula aren yang digoreng. Bentuk kue cucur biasanya menggembung di tengah dan tipis di bagian pinggirannya. Rasanya pun tak perlu diragukan lagi, manis, gurih, dan legit.

Baca juga: Jilat Ludah Sendiri, Paige Spiranac Kini Sukai Dua Benda Ini

3. Kerak telor

Siapa yang tidak tahu kerak telor? Makanan satu ini selalu ada di hari-hari spesial Jakarta. Sesuai namanya, kerak telor dibuat dari telur ayam, beras ketan putih, dan ebi. Cara membuatnya, bahan-bahan tadi disangrai kering. Kemudian ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam, dan gula pasir.

Kerak telor diketahui sudah ada sejak zaman Belanda dan dibuat oleh masyarakat Betawi secara tak sengaja pada 1970-an. Ketika itu kerak telor dihidangkan saat pesta dan hajatan besar para pembesar. Namun, kini kerak telor mudah dijumpai di setiap wilayah Jakarta.

4. Asinan Betawi

Makanan asli Jakarta yang terakhir adalah asinan Betawi. Orang yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan satu ini. Sesuai namanya, asinan adalah sejenis makanan yang dibuat dengan cara pengacaran, baik melalui pengasinan dengan garam atau pengasaman dengan cuka.

Untuk asinan Betawi, terbuat dari jenis sayuran yang diasinkan dan diawetkan seperti sawi, kubis, taoge, tahu, selada yang disajikan dalam bumbu kacang yang dicampur cuka dan cabai. Ini kemudian ditaburi kacang goreng dan kerupuk mi. Sampai sekarang, makanan ini dapat ditemukan di rumah makan, warung, dan pedagang keliling.

Asinan Betawi. (Foto: Instagram @just.kerispi)

Baca juga: 5 Makanan yang Bisa Dinikmati Tanpa Takut GemukĀ 

5. Soto tangkar

Makanan khas Jakarta satu ini mempunyai sejarah tersendiri. Soto tangkar adalah salah satu kuliner Betawi. Tangkar mempunyai arti iga sapi dalam bahasa Betawi pada zaman penjajahan Belanda. Menurut sejarah, para tuan Belanda di zaman itu biasanya memotong sapi untuk pesta besar.

Mereka akan menyisahkan bagian-bagian tertentu dari sapi yang dipotong untuk diberikan kepada para pekerja di antaranya adalah bagian kepala, bagian dalam seperti paru-paru, usus, babat, serta iga. Oleh para pekerja, bahan-bahan tersebut diolah menjadi makanan yang beragam, salah satunya soto tangkar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini