Studi: Minum Teh Oolong Ampuh Turunkan Berat Badan, Bahkan saat Tidur

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 14 Februari 2021 07:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 13 481 2361597 studi-minum-teh-oolong-ampuh-turunkan-berat-badan-bahkan-saat-tidur-J3MXN1daIF.jpg Teh oolong memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. (Foto: Freepic Diller/Freepik)

MENURUNKAN berat badan dengan mudah mungkin tampak seperti hal yang mustahil. Akan tetapi berdasarkan hasil studi baru yang dilakukan peneliti dari Universitas Tsukaba di Jepang, minum teh oolong sebelum tidur dapat membantu menurunkan berat badan.

Tidak dapat dimungkiri bahwa meminum secangkir teh hangat bebas kafein secara instan membantu menenangkan saraf. Namun, tidak semua campuran teh dapat membantu mendorong tidur, sehingga seseorang harus memilih secangkir teh dengan bijak.

Baca juga: Ada 4 Jenis Teh Indonesia, Apa Saja Ya? 

Menurut studi terbaru, ditemukan bahwa teh oolong membantu mempercepat metabolisme. Diamati bahwa teh oolong memiliki efek positif pada metabolisme, selanjutnya meningkatkan kesehatan usus, dan meningkatkan kesehatan mental.

Penelitian dilakukan terhadap 12 orang dewasa selama dua minggu untuk memahami pengaruh minum teh oolong terhadap metabolisme dan pembakaran lemak.

Teh oolong. (Foto: Shutterstock)

Penelitian dilakukan pada individu antara kelompok usia 20 dan 56 tahun dan dibagi menjadi tiga kelompok serta diberi campuran berbeda seperti kafein, oolong, dan plasebo.

Hasil studi menunjukkan bahwa mengonsumsi teh oolong serta minuman kafein mendorong pengurangan lemak setidaknya 20 persen. Tetapi setelah mengonsumsi teh oolong, orang-orang memiliki pola tidur yang lebih baik, dan itu juga membantu dalam mendorong tidur.

Baca juga: Teh Hijau vs Oolong, Mana Lebih Menyehatkan? 

"Efek stimulasi teh oolong pada pemecahan lemak selama tidur dapat memiliki relevansi klinis yang nyata untuk mengontrol berat badan. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami dampak teh oolong dalam jangka waktu yang lama," kata ketua studi baru ini Profesor Kumpei Tokuyama.

Selain mendorong tidur dan memperbaiki pola tidur yang tidak menentu, teh oolong juga membantu meningkatkan metabolisme, mengelola kadar gula darah, dan mengurangi pertumbuhan sel karena stres oksidatif. Terakhir, teh oolong membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan mengurangi risiko serangan jantung serta stroke.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini