Uniknya Sup Ikan Holat, Makanan Khas Tapanuli dengan Sensasi Rasa Sepat

Ahmad Husein Lubis, Jurnalis · Minggu 14 Februari 2021 09:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 14 298 2361688 uniknya-sup-ikan-holat-makanan-khas-tapanuli-dengan-sensasi-rasa-sepat-1ErW1eA4v3.jpg Kuliner Tradisional sup ikan holat khas Tapanuli Selatan memiliki rasa unik. (Foto: Ahmad Husein Lubis/iNews)

BAGI Anda penggemar kuliner tradisional, tidak lengkap rasanya jika belum menikmati sup ikan holat. Ini merupakan sejenis sup ikan yang menjadi hidangan khas warga Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Bagian yang unik dari sup ikan holat adalah cita rasa kelat atau sepat pada kuahnya karena dicampur serutan kayu balakka dan pucuk rotan muda.

Sudah bukan rahasia lagi jika sup menjadi makanan yang banyak digemari orang-orang di mana pun berada. Namun, sajian sup ikan holat ini belum tentu semua orang suka, karena rasanya sedikit kelat atau sepat.

Baca juga: Menjajal Nasi Sodu, Kuliner Tradisional Khas Situbondo yang Kembali Digemari 

Holat sendiri adalah kuliner khas warga Tapanuli bagian selatan, mulai dari Kabupaten Padang Lawas, Padang Sidimpuan, hingga Mandailing Natal di Provinsi Sumatera Utara. Sup ikan holat bisa dijumpai di hampir setiap rumah makan di wilayah tersebut.

Sup ikan holat khas Tapanuli Selatan. (Foto: Ahmad Husein Lubis/iNews)

Bahan dasar holat adalah ikan sungai. Bisa ikan mas, nila, ataupun mujair yang dibakar terlebih dahulu. Lalu kuahnya ada campuran sejumlah bumbu seperti bawang putih, bawang merah, dan kunyit yang telah dihaluskan lalu dimasukkan ke kuah kaldu ikan dengan campuran tepung beras.

Baca juga: Pencinta Kuliner Jawa Tengah, Masak Garang Asem, Yuk! 

Sekilas memang tidak ada beda cara pembuatan kuah sup ikan holat dengan sup pada umumnya. Namun, holat disajikan dengan serutan batang kayu balakka dan potongan pucuk rotan muda hingga membuat cita rasa jadi sedikit kelat atau sepat.

Justru di sini uniknya. Rasa kelat pada kuah holat membuat penikmatnya ketagihan, bahkan diyakini mampu menambah nafsu makan.

Holat juga merupakan hidangan khusus di setiap kegiatan adat para raja di Tapanuli bagian selatan. "Suka rasa kelatnya dari kayu balakka, pakat, untuk menambah nafsu makan. Iya dari dulu sekali sudah ada holat, sudah lama," kata Maryani, salah satu pembuat holat.

Nah, Anda mulai bisa coba membuat holat sendiri di rumah, namun kayu balakka harus dipesan terlebih dahulu dari wilayah Tapanuli bagian selatan.

Baca juga: Deretan Makanan Lezat Asli Jakarta, Mana Favoritmu? 

Sup ikan holat khas Tapanuli Selatan. (Foto: Ahmad Husein Lubis/iNews)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini