Sains Ungkap 4 Efek Samping jika Diet secara Berlebihan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 14 Februari 2021 19:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 14 481 2361669 sains-ungkap-4-efek-samping-jika-diet-secara-berlebihan-sNaIztuPUA.jpg Ilustrasi diet. (Foto: Louis Hansel/Unsplash)

BANYAK orang meyakini diet adalah cara ampuh menurunkan berat badan. Namun para ahli mengatakan itu tidak sepenuhnya benar. Pasalnya jika diet secara berlebihan bisa saja justru menimbulkan efek samping terhadap kesehatan fisik dan mental seseorang.

Maka itu, para ahli kesehatan menyarankan melakukan diet dengan proporsional, tidak boleh berlebihan. Lebih baik dikonsultasikan dengan dokter atau praktisi kesehatan untuk hasil yang lebih baik.

Baca juga: 5 Asupan Sehat yang Bisa Membantu Program Diet Jadi Aman 

Bahkan ilmu sains juga mengungkap ada sejumlah bahaya yang ditimbulkan jika melakukan diet secara berlebihan. Apa saja bahaya itu? Berikut ini penjelasannya, sebagaimana dilansir Times of India.

Ilustrasi diet sehat. (Foto: Loius Hansel/Unsplash)

1. Penurunan masa otot

Penelitian telah menunjukkan bahwa diet secara berlebihan sebenarnya dapat menyebabkan penambahan berat badan dan penurunan massa otot.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, 32 pria non-obesitas, ketika asupan kalori mereka dihilangkan rata-rata 1.300 selama tiga minggu, bertambah berat badan dan mengalami penurunan massa otot.

2. Lebih mudah merasa lelah

Makan lebih sedikit hanya akan melemahkan tubuh dari kemampuan untuk membakar energi yang menyebabkan kelelahan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine menemukan bahwa diet rendah karbohidrat membuat tubuh rentan terhadap rasa lelah yang meningkat.

Oleh karena itu, menghilangkan karbohidrat sepenuhnya dari makanan bisa berbahaya. Namun, bisa menikmati makanan yang kaya karbohidrat kompleks atau baik. Ini akan memberi tubuh energi untuk berfungsi secara efisien.

Baca juga: Mau Diet di Tengah Pandemi Covid-19, Coba Tips Ini 

3. Mudah sakit

Selain rasa lelah, melakukan diet secara berlebihan bisa membuat tubuh lemas dan sakit. Menurut para ahli di Harvard Medical School, diet yang lama dapat menyebabkan sakit kepala, kelesuan, mudah tersinggung, dan sembelit. Oleh karena itu, mereka merekomendasikan diet tidak untuk jangka waktu lama.

Baca juga: 5 Aroma Ini Bisa Bantu Sukseskan Diet Anda Lho 

4. Kurangnya nutrisi pada tubuh

Melakukan diet dapat menghilangkan nutrisi dan vitamin esensial dari tubuh. Meskipun diet biasanya menuntut asupan karbohidrat, lemak, dan kalori yang lebih rendah, diet dapat mengurangi jumlah nutrisi baik seperti serat, asam lemak omega-3 yang menyertai makanan. Para ahli menyarankan kontrol porsi dalam situasi seperti itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini