Asal-asalan Mencuci Wajah, Kulit Akan Mengalami 4 Kondisi Ini

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 14 Februari 2021 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 14 481 2361703 asal-asalan-mencuci-wajah-kulit-akan-mengalami-4-kondisi-ini-UcEU8ognkC.jpg Ilustrasi mencuci wajah. (Foto: Livestrong)

MENCUCI wajah adalah salah satu langkah terbaik menjaga kesehatan kulit wajah. Langkah ini dapat menghilangkan minyak berlebih, kotoran, dan membantu mengatur kondisi kulit wajah agar tetap sehat.

Akan tetapi, banyak orang masih mengabaikan rutinitas mencuci wajah, terlebih jika pulang larut malam. Dalam kondisi ini kadang yang terjadi adalah mencuci wajah secara asal, atau bahkan langsung pergi tidur. Padahal, perilaku seperti ini bisa berdampak buruk pada kulit wajah.

Baca juga: Sederet Kesalahan Umum ketika Mencuci Wajah, Salah Satunya Tak Cuci Tangan 

Sebagaimana dilansir Times of India, berikut ini keadaan yang akan terjadi pada kulit wajah jika tidak mencuci wajah dengan benar.

Ilustrasi mencuci wajah.

1. Masih ada sisa riasan

Jika Anda menyeka wajah dengan toner dan masih terdapat sisa riasan di kapas, itu tandanya belum bersih saat mencuci wajah. Anda perlu menggunakan micellar water berbahan dasar air atau minyak berdasarkan jenis kulit Anda untuk mengikis riasan.

2. Kulit terasa terlalu berminyak atau kering

Jika Anda adalah seseorang dengan kulit wajah kering dan menggunakan pembersih yang menghilangkan semua sebum, hal itu akan menyebabkan iritasi. Begitu juga jika Anda menggunakan moisturizing cleanser pada kulit berminyak, maka kulit menjadi lebih berminyak.

Pembersih yang tepat akan menghilangkan minyak berlebih dan menjaga kelembapannya tetap utuh. Karena itu, pilih pembersih yang menangani masalah kulit secara langsung dengan cara yang benar.

Baca juga: Cegah Covid-19, Seberapa Sering Harus Cuci Muka? 

3. Kulit terasa sesak

Penumpukan sel kulit mati akibat debu dan kotoran dapat menyebabkan kulit kering dan kusam. Ini karena sel kulit yang tidak rata tidak akan memantulkan cahaya. Maka itu, Anda dapat menggunakan pembersih wajah eksfoliasi yang membantu memastikan meningkatkan pergantian sel.

Baca juga: Ingin Kulit Lebih Bercahaya? Coba Teknik Mencuci Wajah 60 Detik 

4. Kulit tampak lebih rentan terhadap iritasi dan ruam

Jika Anda sangat jarang mencuci muka bisa menyebabkan banyak masalah. Tapi mencuci muka secara berlebihan juga bisa menimbulkan masalah.

Ketika pelindung kulit Anda terganggu, produk yang berada di atas kulit dapat menyebabkan alergi atau ruam. Jadi, sangat penting mengetahui cara membersihkan wajah yang benar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini