3 Olahraga Sederhana untuk Atasi Rahim Turun pada Wanita

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 14 Februari 2021 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 14 481 2361716 3-olahraga-sederhana-untuk-atasi-rahim-turun-pada-wanita-4nMSs7MNYp.jpg Ilustrasi rahim turun. (Foto: Verywell)

RAHIM turun atau turun peranakan (prolaps uteri) bisa dialami banyak wanita. Ini terjadi ketika organ panggul, biasanya rahim dan bersama kandung kemih atau rektum, bergeser dari posisi normalnya.

Berbagai tekanan dapat menyebabkan otot panggul dan ligamen melemah serta kolaps ke bawah, seperti melahirkan, sembelit, atau obesitas. Ini bisa menyebabkan sensasi berat, kebocoran urine, dan buang air besar tidak teratur.

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Dapatkan Rahim Kuat 

Ada langkah yang bisa dilakukan untuk mengencangkan otot dasar panggul, tetapi yang paling mudah adalah olahraga. Seperti dilansir Times of India, berikut ini tiga olahraga sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi rahim turun.

Ilustrasi rahim. (Foto: Medicinet)

Latihan 1

Berdirilah dengan kaki terbuka selebar pinggul dan amati kaki Anda. Jari-jari kaki Anda harus mengarah ke depan dan kaki harus lurus. Jika jari-jari kaki mengarah ke luar, cobalah berdiri di posisi yang disebutkan di atas dengan menggunakan adduktor atau gerakan otot menjauhi badan.

Posisi yang lebar memberikan tekanan yang tidak perlu pada kelompok otot lain di tubuh bagian atas dan bawah. Itulah yang seringkali menyebabkan sakit punggung.

Baca juga: 4 Fakta tentang Rahim yang Menarik Diketahui 

Latihan 2

Berdirilah dengan punggung menghadap ke dinding. Jaga agar kaki Anda selebar pinggul dan pastikan jari-jari kaki mengarah ke depan. Tekuk pinggul sedikit dan bersandar di dinding. Pinggul, punggung, bahu, dan kepala harus menyentuh dinding.

Jaga bahu dan otot inti Anda tetap lurus. Cobalah berdiri dalam posisi ini selama beberapa menit. Untuk penyangga, dekatkan kursi ke kaki dan letakkan kaki di antara kedua kaki kursi (kaki harus menyentuh kaki belakang kursi). Akan lebih mudah bagi Anda untuk berdiri dalam posisi ini dalam waktu yang lebih lama.

Latihan 3

Untuk olahraga ketiga, Anda membutuhkan bantal atau seprai yang tebal. Berdirilah dengan kaki dibuka selebar pinggul, lalu punggung menghadap kursi. Tempatkan bantal di antara paha. Turunkan pinggul dan duduklah di kursi, berhenti sebentar lalu berdiri.

Satu hal utama yang perlu diingat saat melakukan semua latihan ini adalah melibatkan adduktor atau gerakan otot menjauhi badan. Jari-jari kaki Anda harus selalu mengarah ke depan dan kaki harus lurus.

Baca juga: Allah Mengetahui Jenis Kelamin Janin, Termasuk Hidupnya di Masa Depan 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini