5 Cara Efektif Cegah Gigi Anak Berlubang

Diana Rafikasari, Jurnalis · Senin 15 Februari 2021 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 14 481 2361943 5-cara-efektif-cegah-gigi-anak-berlubang-9mx352HdzQ.jpg Ilustrasi mencegah gigi anak berlubang. (Foto: Shutterstock)

GIGI berlubang kerap dialami sejumlah anak. Penyebab gigi anak berlubang bisa dari bakteri, terlalu banyak makan camilan, minum minuman manis, hingga kurang maksimal membersihkan gigi. Inilah yang membuat anak-anak berisiko tinggi mengalami gigi berlubang.

Anak-anak kebanyakan menyukai minuman manis seperti soda dan jus buah kemasan. Mereka tidak menyadari banyaknya risiko kesehatan yang terkait dengan kebiasaan itu.

Baca juga: 5 Pertolongan Pertama kala Sakit Gigi, Gak Mahal Kok 

Sebagian besar anak, setidaknya sampai usia tertentu, mungkin belum mengetahui cara menjaga kebersihan mulut yang benar, sehingga meningkatkan risiko gigi berlubang.

Ilustrasi gigi anak berlubang. (Foto: Redstonedental)

Pada anak-anak, gigi susu (gigi sulung) membuka jalan awal untuk gigi yang sehat. Jika gigi susu dirawat dengan cara benar maka bisa melindungi gigi susu permanen dari infeksi yang ada.

Mencegah gigi berlubang pada anak juga bisa dilakukan dengan mengikuti praktik kebersihan mulut dasar sederhana di rumah yang diawasi oleh orangtua. Berikut beberapa praktik tersebut, seperti dilansir Times Now News.

Baca juga: 5 Ide Aksesori Meja Ini Bisa Tingkatkan Produktivitas saat WFH 

1. Sikat gigi dua kali sehari, orangtua harus menyikat gigi untuk memberi contoh.

2. Kurangi karbohidrat, makanan lengket dan permen.

3. Bilas mulut setelah makan.

4. Pengamatan kebiasaan dan intervensi oral.

5. Pemeriksaan rutin setiap 3 bulan.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini