Tips Ampuh Merawat Rambut Keriting Jadi Lebih Sehat

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Minggu 14 Februari 2021 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 14 611 2361725 tips-ampuh-merawat-rambut-keriting-jadi-lebih-sehat-eYPRqKiXM7.jpg Ilustrasi rambut keriting. (Foto: Boldsky)

RAMBUT keriting memiliki tekstur berbeda. Ini membutuhkan perawatan yang berbeda pula. Rambut keriting mungkin sering menghadapi masalah kering, kusut, atau mudah rontok. Ini karena rambut keriting tumbuh miring dan minyak alami yang dihasilkan kulit kepala tidak mencapai ujung rambut.

Tetapi para pemilik rambut keriting tidak perlu takut ketika mengalami masalah ini. Anda bisa tetap tampil cantik dan menawan dengan rambut keriting yang sehat.

Baca juga: Ini Bedanya Perawatan Rambut Lurus, Ikal, dan Keriting 

Sebagaimana dilansir Times of India, ahli perawatan rambut dan kulit Vivek Singh membagikan tips mengurangi rambut kusut serta mendapatkan lingkaran rambut keriting yang sehat, cantik, dan berkilau. Apa saja? Berikut ini penjelasannya.

1. Perawatan pra-sampo dengan minyak alami

Sebelum keramas, pijatkan minyak alami seperti moroccan argan oil atau minyak almond ke kulit kepala. Ini untuk menghaluskan rambut keriting. Minyak tersebut meningkatkan pertumbuhan rambut yang lebih baik dan mengelupas kulit kepala untuk menghilangkan penumpukan produk, kulit mati, dan ketombe. Hindari penggunaan minyak pada ujung rambut karena akan membuat ikal berminyak dan menjadi sulit menghilangkannya.

Ilustrasi rambut keriting. (Foto: Popsugar)

2. Gunakan sampo penjernih

Selain menggunakan sampo biasa, pastikan Anda menggunakan sampo penjernih yang lembut tanpa alkohol, silikon, paraben, dan sulfat selama sebulan sekali. Ini membantu menghilangkan rambut ikal yang menumpuk.

Baca juga: 7 Inspirasi agar Rambut Keriting Keren 

3. Gunakan kondisioner tanpa bilas

Rambut keriting cenderung kering. Oleh karena itu, menjaga rambut tetap terhidrasi adalah cara yang tepat untuk tetap melembapkan rambut. Kondisioner tanpa bilas ini diketahui membentuk lapisan pelindung di atas batang rambut untuk melindungi rambut dari polusi, debu, dan sinar UV yang berbahaya.

4. Perawatan setiap minggu

Rambut keriting selalu membutuhkan kelembapan. Oleskan deep conditioner pada rambut basah Anda dan tutupi kepala dengan shower cap atau handuk hangat selama minimal 15 sampai 30 menit.

5. Manfaatkan diffuser

Menggunakan pengering biasa bisa sangat merusak rambut keriting. Ini karena panas yang dihasilkannya cukup berlebih. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan diffuser untuk mengurangi kusut dan mengeringkan rambut dengan cara yang lebih sehat.

6. Perkuat akar dengan protein

Rambut keriting biasanya rapuh dan mudah patah. Selain menjaganya tetap terhidrasi, rambut keriting juga membutuhkan protein untuk membuat rambut lebih kuat, sehat, dan memberikan struktur yang diinginkan. Anda bisa mencuci rambut dengan air beras yang difermentasi untuk menutrisi rambut. Ini akan menambah kilau dan menguatkan akar rambut Anda.

Baca juga: Potret Seksi Lisa BLACKPINK dengan Gaya Rambut Keriting 

7. Segarkan rambut

Semprotkan air biasa ke rambut keriting Anda di sela-sela hari untuk memastikannya terhidrasi, terbentuk dengan baik, dan mencegah kusut. Menggunakan air membantu mengaktifkan kembali produk yang telah dioleskan sebelumnya dan juga mengurai keriting.

8. Segera menata rambut saat basah

Menata rambut keriting saat basah dapat membantu mencegah kusut dan menghasilkan ikal yang lebih bagus. Namun saat mengerjakan produk pada rambut lembap, hindari terlalu sering menggunakan jari. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada rambut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini