Sangat Penting Mengatur Keuangan saat Pandemi Covid-19, Ikuti 3 Cara Ini

Diana Rafikasari, Jurnalis · Senin 15 Februari 2021 07:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 14 612 2361954 sangat-penting-mengatur-keuangan-saat-pandemi-covid-19-ikuti-3-cara-ini-vnbEBU5j6t.jpg Ilustrasi bijak mengatur keuangan di masa pandemi covid-19. (Foto: Shutterstock)

MENGATUR keuangan saat pandemi covid-19 merupakan hal yang penting dilakukan. Pasalnya di masa ini banyak kondisi berubah, termasuk pendapatan. Jadi dengan mengatur keuangan secara tepat akan memastikan keberlangsungan hidup yang baik.

Langkah mengatur keuangan di masa pandemi bisa diawali dengan meluangkan waktu memeriksa semua akun dan lihat apa yang bisa dihemat, utang apa yang menumpuk, dan bagaimana pengeluaran berubah.

Baca juga: Ingin Mulai Berkebun, 5 Hal Ini Wajib DilakukanĀ 

"Personal finance gimana kita mengolah keuangan sehari-hari supaya mencapai tujuan-tujuan finansial kita sehingga hidup kita lebih baik. Karena background kita enggak sama, otomatis background kita nggak sama, teori A praktikin ya enggak bisa persis," ungkap lead financial trainer Ligwina Hananto saat live Instagram beberapa waktu lalu.

"Personal finance itu ada manusianya, faktor manusianya ini yang akan mengacaukan," terangnya.

Ilustrasi covid-19. (Foto: Shutterstock)

Menganalisis pengeluaran adalah langkah cerdas saat ini karena akan menunjukkan apakah Anda dapat mengalokasikan lebih banyak untuk tabungan, atau jika Anda perlu mengatur pengeluaran untuk kategori seperti bahan makanan atau hiburan.

Anda harus menyesuaikan anggaran setiap kali mengalami perubahan besar dalam hidup, dan dapat dikatakan bahwa ini adalah perubahan besar.

"Yang kayak gini yang enggak bisa dibikin standar patok. Ada template-nya, tapi banyak banget variabel yang harus diisi. Variabel itu yang harus mengubah hidup lo kaya apa," jelas Ligwina.

Baca juga: Asal-asalan Mencuci Wajah, Kulit Akan Mengalami 4 Kondisi Ini

Berikut ini tips mengatur keuangan selama masa pandemi covid-19.

1. Kendalikan utang

Hindari utang baru. Sangat menggoda memanfaatkan suku bunga rendah untuk membeli mobil baru, mengambil pinjaman untuk merombak rumah, atau mendanai apa pun. Tetapi kenyataannya adalah bahwa utang adalah kewajiban, meskipun itu adalah utang bunga 0 persen. Anda masih harus membayarnya lagi.

2. Tetap makan di rumah

Makan di rumah sudah menjadi kebutuhan yang lebih penting, dan ada beberapa manfaatnya yaitu menghemat banyak uang untuk pergi makan, termasuk minum kopi yang sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Tentu, pengeluaran belanjaan Anda akan meningkat, tetapi secara keseluruhan, makan di rumah menghemat uang.

3. Menurunkan pengeluaran bulanan unum

Pengeluaran lebih banyak untuk hiburan di rumah, tetapi pertimbangkan untuk membayar hanya satu layanan streaming pada satu waktu, atau setidaknya batalkan layanan apa pun yang tidak sering Anda gunakan. Hubungi penyedia internet untuk mengetahui apakah ada promosi, diskon, atau penawaran yang dapat Anda manfaatkan.

Anda juga dapat menghubungi perusahaan asuransi mobil untuk menanyakan tentang diskon atau untuk menurunkan premi. Meskipun Anda menurunkan tagihan karena kebutuhan sekarang, ini dapat memiliki beberapa efek jangka panjang yang positif. Ketika Anda kembali bekerja dan keuangan kembali normal, Anda dapat menggunakan tabungan itu untuk utang, tabungan pensiun, dan lainnya.

Baca juga: Luar Biasa, Steak Iga Ini Dibuat dengan Teknologi 3DĀ 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini