5 Cara Alami Menghilangkan Bau Amis pada Ikan

Uthari Handayani, Jurnalis · Selasa 16 Februari 2021 05:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 15 298 2362409 5-cara-alami-menghilangkan-bau-amis-pada-ikan-TWBwuMVmqM.jpg Ilustrasi menghilangkan bau amis pada ikan. (Foto: Racool Studio/Freepik)

BAU amis pada ikan kadang terasa mengganggu. Bahkan bau amis ini bisa membuat seseorang tidak jadi memakan ikan tersebut, sehingga membutuhkan cara yang tepat untuk menghilangkan bau amis tersebut.

Padahal, ikan merupakan penganan yang memiliki banyak nutrisi seperti protein, vitamin, dan mineral tanpa lemak. Ini sangat bagus dikonsumsi karena kandungan omega 3 yang sangat tinggi dan memiliki antiinflamasi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: Uniknya Sup Ikan Holat, Makanan Khas Tapanuli dengan Sensasi Rasa Sepat 

Lalu bagaimana supaya bisa tetap mengonsumsinya? Terapkan saja cara alami menghilangkan bau amis pada berikut ini, seperti dilansir laman Livestrong.

Ikan.

1. Direndam air perasan lemon

Air perasaan lemon akan bereaksi dengan senyawa penghasil bau amis dari ikan untuk menghilangkannya. Ini akan sama hasilnya dengan merenda mikan dengan air perasan jeruk nipis, cuka, bahkan saus tomat.

2. Menggorengnya

Menggoreng ikan dapat membantu mengurangi bau amisnya. Membuat permukaannya menjadi berkerak juga merupakan cara untuk mengubah tekstur ikan.

Baca juga: Viral! Anak Kecil Ini Tidur dengan Ikan, Netizen: Ikannya Bisa Napas? 

3. Direndam susu

Ahli diet Anna Ipsen mengatakan, "Kasein dan protein dalam susu dapat menarik senyawa penghasil bau amis pada ikan keluar." Rendam selama 20 menit kemudian keringkan dan masak.

4. Beri bumbu

Ikan dapat menyerap rempah-rempah dengan baik. Gunakan campuran bumbu yang dapat menghilangkan atau mengubah aromanya menjadi lebih baik.

Baca juga: Selain Ikan, Ini Sumber Omega-3 yang Baik untuk Tubuh 

5. Beri perasan lemon saat disajikan

Beri sentuhan terakhir saat menghidangkan ikan dengan perasan air lemon atau jeruk nipis. Selain menghilangkan bau amis ikan, ini juga dapat meningkatkan rasanya jadi jauh lebih segar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini