Tips Ampuh Membuat Kentang Goreng Tetap Renyah

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Selasa 16 Februari 2021 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 15 298 2362415 tips-ampuh-membuat-kentang-goreng-tetap-renyah-RcaYlcJzYm.jpg Kentang goreng renyah. (Foto: Jcomp/Freepik)

KENTANG goreng memang cocok dijadikan camilan di kala suasana apa pun. Misalnya pelengkap ketika menikmati es kopi, camilan di tengah obrolan bersama teman atau keluarga, atau sebagai pengganjal rasa lapar saat hujan turun.

Apalagi jika dinikmati saat masih hangat. Rasa gurih dan renyah kentang goreng membuat lidah rasanya tidak ingin berhenti mengunyah. Anda bisa menambahkan saus sambal untuk sedikit rasa pedas.

Baca juga: 5 Bahaya Makan Kentang Goreng Terlalu Banyak Menurut Penelitian 

Namun tidak jarang orang enggan menghabiskan kentang akibat sudah terlalu lama dibiarkan. Ini membuat kentang goreng menjadi dingin dan teksturnya lembek. Kentang goreng mudah lembek karena beberapa faktor.

Kentang goreng.

"Bagian dalam kentang sudah lembap dan beruap jika ditaruh dalam wadah untuk dibawa pulang. Kentang akan terbungkus dan berkeringat karena uap yang dikeluarkan," kata Annie Nichols, penulis makanan, penata gaya, dan koki.

Baca juga: 9 Cara Sajikan Kentang Goreng, dari Belanda hingga Cuba 

Untuk menjaga kentang goreng tetap renyah, Anda bisa memanaskannya kembali dengan menggorengnya, atau hal lain berikut ini, seperti dilansir Insider.

1. Goreng untuk kedua kalinya

Menggoreng ulang kentang akan berhasil mengembalikan kerenyahannya karena kecepatan memasaknya. Minyak panas menghangatkan permukaan wajan, sambil terus menghantarkan panas ke bagian dalamnya, menciptakan bagian tengah kentang yang cukup panas dan bagian luar yang renyah dalam hitungan detik.

2. Masukkan ke oven superpanas

Anda juga bisa menggunakan oven yang sangat panas dan loyang besar untuk memanaskan kentang kembali. Telah banyak situs memasak rumahan memuji air fryer, oven konveksi kecil yang meniru menggoreng dengan udara panas dan sedikit minyak.

Baca juga: Resep Membuat Kering Kentang Kekinian di Medsos 

3. Jangan pernah menggoreng kentang di microwave

Kentang goreng yang dipanaskan kembali bertujuan untuk mengembalikan kerenyahannya dan menghindarinya menghasilkan uap. Ini tidak akan berhasil jika Anda menggunakan microwave. Gelombang mikro bekerja dengan memanaskan molekul air, jadi jika Anda memasukkan kentang goreng yang jelas mengandung air, itu akan membuatnya basah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini