Kekurangan Vitamin B12 Bisa Dilihat dari 3 Tanda di Kulit Ini

Diana Rafikasari, Jurnalis · Senin 15 Februari 2021 08:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 15 481 2362049 kekurangan-vitamin-b12-bisa-dilihat-dari-3-tanda-di-kulit-ini-7pTkQJsFgv.jpg Ilustrasi tanda kekurangan vitamin B12 pada kulit. (Foto: Insider)

VITAMIN B12 merupakan vitamin yang sangat berfungsi dalam pembentukan protein, sel darah, dan jaringan tubuh. Maka itu, setiap orang penting mendapat asupan vitamin B12 secara cukup.

Sebagaimana dilansir Express, American Academy of Family Physicians (AAFP) mengidentifikasi tiga tanda yang bisa dilihat pada kulit jika kekurangan vitamin B12. Masing-masing adalah hiperpigmentasi, vitiligo, dan penyakit kuning.

Baca juga: 10 Manfaat Vitamin B12 untuk Kulit dan Rambut, Bikin Sehat Luar-Dalam 

1. Hiperpigmentasi

The American Osteopathic College of Dermatology (AOCD) menjelaskan hiperpigmentasi adalah ketika bercak kulit menjadi lebih gelap warnanya daripada kulit di sekitarnya. Kondisi kulit ini dapat memengaruhi warna kulit semua ras, dan biasanya terlihat pada orang tua sebagai bintik hati.

Makanan sumber vitamin B12. (Foto: Shutt)

2. Vitiligo

Sementara vitiligo adalah ketika bercak kulit kehilangan pigmentasi, meninggalkan bercak putih. Kondisi ini dapat diwariskan pada sepertiga kasus, dan sifatnya progresif. Artinya, bercak putih bisa dimulai di tangan, kaki, dan wajah, lalu menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Baca juga: Jantung Sering Berdebar? Hati-Hati Bisa Jadi Kekurangan Vitamin B12 

3. Penyakit kuning

Penyakit kuning adalah ketika kulit dan bagian putih mata menguning. Selain dari pantangan makanan, seperti veganisme, penyebab beberapa orang kekurangan vitamin B12 karena mengalami anemia pernisiosa. Anemia pernisiosa adalah kondisi autoimun di mana tubuh tidak dapat menyerap vitamin B12.

Penggunaan obat-obatan tertentu dalam jangka panjang juga dikaitkan dengan defisiensi vitamin B12. Ini direplikasi dengan penggunaan jangka panjang penghambat pompa proton (PPI), diresepkan untuk meredakan gejala GERD.

Selain itu, kekurangan vitamin B12 juga lebih mungkin terjadi pada mereka yang berusia 75 tahun ke atas, atau mereka yang menyalahgunakan alkohol.

Baca juga: Keluhan di Dada Bisa Jadi Gejala Kekurangan Vitamin B12 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini