6 Cara Cepat Sembuhkan Mata Sembap Usai Menangis

Uthari Handayani, Jurnalis · Selasa 16 Februari 2021 05:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 15 481 2362421 6-cara-cepat-sembuhkan-mata-sembap-usai-menangis-enMuLJpPon.jpg Ilustrasi mata sembap. (Foto: Firstcry)

MATA sembap akan dialami seseorang yang menangis dalam waktu lama. Mata pun jadi berubah warna merah dan sedikit bengkak.

Kondisi mata sembap akan menimbulkan kesan berbeda bagi penderitanya. Bahkan bisa Sehingga membuat kurang percaya diri saat harus keluar rumah.

Baca juga: 5 Makanan Ini Ampuh Hilangkan Mata Panda, Yuk Sering Dikonsumsi 

Tapi tenang saja, ada cara cepat untuk menyembuhkan mata sembap usai menangis. Apa saja cara itu? Berikut penjelasannya, seperti dilansir laman Healthline.

1. Kompres dingin

Kompres dingin dapat membantu mengurangi mata sembap. Caranya basahi lap dengan air dingin dan tekan-tekan pada kedua mata.

Ilustrasi mata sembap. (Foto Javi Indy/Freepik)

2. Pakai masker timun dingin

Taruh irisan timun yang dingin sebagai masker mata. Ini efektif menenangkan mata yang sembap dan mengurangi bengkaknya. Ganti irisan timun baru saat yang sebelumnya sudah tidak dingin.

Baca juga: 6 Cara Alami Mengatasi Mata Kering, Salah Satunya Sering Berkedip 

3. Pakai masker kantung teh hitam

Teh hitam mengandung kafein yang dapat meredakan bengkak dan meningkatkan sirkulasi. Caranya taruh kantung teh hitam yang sudah dibasahi dan didinginkan selama 20 menit ke kelopak mata. Lalu angkat setelah 15 sampai 30 menit.

4. Pijat area mata

Memijat area mata dapat merangsang aliran darahnya untuk menyempit dan mengurangi sembap. Pijat dengan lembut mulai dari alis kemudian ke ujung mata luar dan sapukan ke ujung dalamnya.

Baca juga: Tips Jaga Kesehatan Mata saat Seharian Bekerja Menatap Laptop 

5. Mengoleskan krim wajah atau serum dingin

Sesuatu yang dingin dapat mengurangi bengkak dengan menyempitkan pembuluh darah di sekitaran mata. Oleskan krim wajah atau serum yang dingin akan sangat membantu.

6. Gunakan obat tetes mata

Obat tetes mata yang menggunakan vasokonstriktor dapat mengatasi mata merah sehabis menangis maupun alergi. Cobalah untuk memilih larutan bebas pengawet yang mengandung lebih sedikit aditif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini