Beruban dan Menipis, Ini Sederet Mitos Salah soal Mewarnai Rambut

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Senin 15 Februari 2021 06:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 15 612 2361963 beruban-dan-menipis-ini-sederet-mitos-salah-soal-mewarnai-rambut-XY8sLDV0A6.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BEBERAPA orang memilih untuk mewarnai rambutnya untuk mengubah penampilan mereka. Berbagai jenis dan warna rambut mereka cocokkan sesuai dengan mood yang ingin dibangun.

Tetapi, tidak jarang ditemukan banyak sekali mitos-mitos yang beredar perihal mewarnai rambut. Masih terdengar bahwa mewarnai rambut dapat membuat rambut rusak. Padahal, banyak cara serta tips dan trik yang benar untuk mewarnai rambut Anda dengan aman.

Seperti dilansir dari The Health Site, berikut mitos mengenai mewarnai rambut yang masih sering beredar.

Warna Rambut Hilang

Mitos pertama yang terkait dengan pewarnaan rambut adalah jika Anda mewarnainya sekali, warna asli rambut Anda tidak akan kembali. Tetapi, faktanya adalah mewarnai rambut Anda bukan berarti bahwa Anda tidak akan pernah mendapatkan warna asli rambut Anda kembali.

Warna rambut

Lebih cepat beruban

Banyak orang percaya bahwa masih mempercayai hal ini. Mewarnai rambut Anda tidak membuatnya beruban. Karena, hanya melanin di rambut Anda yang membuatnya bisa beruban. Rambut Anda mulai berubah menjadi abu-abu ketika melanin berhenti memproduksi pigmen warna.

Rambut menipis

Studi menunjukkan bahwa mewarnai rambut tidak menyebabkan penipisan. Ada beberapa alasan lain seperti kekurangan vitamin atau kekurangan mineral tertentu yang menyebabkan masalah rambut.


Merusak rambut

Mitos ini paling sering dan masih beredar. Penyebab terbesar rambut rusak adalah pada teknik yang salah yang digunakan untuk mewarnai rambut dan perawatan setelahnya. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan dengan benar pewarna rambut yang Anda gunakan, sampo, kondisioner, dan serum yang Anda gunakan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini