Mengenal Cryptic Pregnancy, ketika Hamil dan Melahirkan Hanya 1 Jam

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 15 Februari 2021 17:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 15 612 2362420 mengenal-cryptic-pregnancy-ketika-hamil-dan-melahirkan-hanya-1-jam-sdKRPZdF56.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEORANG wanita asal Cianjur, Jawa Barat Siti Zainah baru-baru ini menghebohkan masyarakat, karena mengklaim hamil dan langsung melahirkan dalam waktu 1 jam.

Zainah mengaku, bahwa sebelumnya ia tidak merasakan tanda-tanda kehamilan. Namun tiba-tiba perutnya membesar, dan kemudian melahirkan dalam waktu singkat.

Dalam ilmu kedokteran, hamil dalam waktu singkat disebut cryptic pregnancy atau hamil samar. Di mana sang ibu tidak menyadari kehamilannya, kemudian tiba-tiba melahirkan.

Spesialis Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit YARSI, dr. Aziz Fahrudin, Sp.OG mengatakan, bahwa cryptic pregnancy bisa saja terjadi kepada wanita yang tidak menyadari bahwa ia sedang mengandung.

"Karena (cryptic pregnancy) ada faktor, seperti pendidikan obesitas, penggunaan pil KB, pasien PCOS wanita yang haidnya mundur lebih dari tiga bulan, dan lainnya," katanya saat dihubungi MNC Portal.

Dokter Aziz menjelaskan, yang dimaksud faktor pendidikan adalah tidak sadar pentingnya tanda-tanda kehamilan. Termasuk yang tidak memerhatikan siklus menstruasinya selama ini.

Kemudian karena ada masalah terhadap kesehatan ibu, bayi yang dilahirkan bisa saja menjadi cacat. Artinya selama kehamilan janin jarang bahkan tidak diperiksa kondisi kesehatannya. "Bisa terjadi kemudian, tapi tidak selalu. Artinya lahirnya akan diterima apa adanya," terangnya.

Sebelumnya kejadian serupa pernah terjadi di Tasikmalaya, Jawa Barat tepatnya pada 2020 lalu. Dikutip dari tayangan Buletin iNews 21 Juli 2020, wanita bernama Heni Nuraini pun hamil dan melahirkan dalam waktu 1 jam.

Hanya dalam hitungan 1 jam lebih, perut sang Ibu tiba-tiba membesar dan melahirkan bayi laki-laki. Apalagi ia mengaku tidak merasakan tanda-tanda kehamilan selama 11 bulan terakhir, dan tidak pernah memeriksakan diri ke bidan atau Puskesmas terdekat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini