4 Kesalahan Pagi Hari yang Sering Dilakukan Orang

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 16 Februari 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 15 612 2362537 4-kesalahan-pagi-hari-yang-sering-dilakukan-orang-JDkA7FIh1q.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

RUTINITAS pagi hari adalah kunci dari merawat diri sendiri, dan berdampak pada semua hal. Mulai dari energi untuk beraktivitas seharian hingga produkvitas sesuai kondisi kulit.

Sayangnya, banyak dari kita yang masih saja melakukan sederet kesalahan di pagi hari ketika baru bangun tidur dan hendak memulai hari. Apa saja sih kesalahan tersebut? Berikut paparan singkat menurut para ahli, 4 kesalahan di pagi hari yang harus dihindari, seperti dikutip Huffingtonpost.

Menunda bunyi alarm

Banyak orang yang hobi menekan tombol snooze pada alarm saat berbunyi, dengan tujuan mendapatkan sedikit tambahan waktu untuk tidur. “Ini sangat menggoda untuk dilakukan tapi sebetulnya tidak ada manfaatnya,” kata dokter ahli penyakit dalam Niket Sonpal.

Sebab, meski membuat senang nyatanya tambahan menit itu tidak memulihkan keadaan kita. Justru, malah bisa menganggu periode dari rapid eye movement (REM) tidur yang lebih panjang yang biasanya terjadi di pagi hari. Dokter Niket menyarankan, jika ingin waktu ekstra, lebih baik setel alarm 15 menit lebih awal daripada biasanya dan bangun 15 menit berikutnya.

bangun tidur

Terlalu banyak bermain ponsel

Seperti disebutkan Naomi Parrella, dokter perawatan primer di Rush University Medical Group, satu kesalahan besar banyak orang di pagi hari adalah langsung melihat ponsel ketika bangun tidur.

“Jika hal pertama yang Anda lakukan di pagi hari adalah mengecek email, melihat deadline, atau berselancar di sosial media. Pada dasarnya kita membiarkan hal-hal di luar kendali diri untuk "membajak" pikiran dan perasaan pertama diri kita sendiri,” ujar dokter Naomi.

Kebiasaan buruk ini, memberikan pikiran kita input yang orang lain putuskan untuk diri kita tentang apa yang masuk ke otak. Daripada langsung main ponsel, cobalah untuk minum air mineral, menyapa pasangan atau anak, stretching, atau menghirup napas dalam-dalam beberapa kali.

Langsung konsumsi gula

Gula dan makanan super olahan yang dimakan saat sarapan, dapat menyebabkan perubahan hormonal dalam tubuh. Maka tak heran, selanjutnya kita bisa mengalami roller coaster. Mulai dari merasa lapar, moody, dan kemungkinan mengalami gula crash. Jika susah untuk tak mengonsumsi gula di pagi hari, cobalah lakukan beberapa gerakan setelahnya.

“Anda mungkin bisa pergi jalan kaki sebentar, terkena sinar matahari, atau melakukan beberapa gerakan yoga. Hindari begitu usai makan gula, langsung duduk selama berjam-jam,” ujar dokter Naomi.

Tidak mencuci wajah dengan tepat

Merasa tak perlu cuci muka karena malam saat mau tidur sudah mencuci wajah, adalah pemikiran yang salah. Sebab nyatanya, saat malam hari ada kemungkinan kulit wajah terkena kotoran, contohnya sel kulit mati yang terkumpul di sarung bantal atau debu yang mungkin ada di kamar tidur.

Maka dari itu, usai bangun di pagi hari diwajibkan untuk mencuci wajah sampai bersih, Stacy Chimento, dermatologist di Miami mengingatkan ketika mencuci wajah di pagi hari sebaiknya menggunakan air suhu hangat.

“Rasanya tergoda sekali memang cuci muka dengan air yang sangat dingin agar ‘bangun’. Tapi cuci muka suhu airnya tidak boleh terlalu ekstrem. Cuci muka dengan air hangat dan jangan dilakukan dengan gerakan terburu-buru, agar kulit wajah tidak tertarik-tarik,” saran Stacy.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini