5 Manfaat Jus Daun Pepaya untuk Tubuh, Bikin Sehat Lho!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 17 Februari 2021 04:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 16 298 2363182 5-manfaat-jus-daun-pepaya-untuk-tubuh-bikin-sehat-lho-fNrk7VFhFy.jpg Jus daun pepaya (Foto: Times of India)

Selain buahnya, bagian pepaya yang paling banyak dikonsumsi adalah daun pepaya. Jus daun pepaya adalah obat yang populer untuk meningkatkan jumlah trombosit.

Jus daun pepaya juga kaya akan enzim seperti papain dan chymopapain, yang membantu pencernaan, mencegah kembung dan gangguan pencernaan lainnya. Senyawa alkaloid di dalamnya bekerja efektif melawan ketombe dan kebotakan. Daunnya mengandung vitamin A, C.E, K dan B.

Melansir Times of India pada Selasa (16/2/2021), berikut 5 manfaat kesehatan dari jus daun pepaya dan cara mengolahnya yang benar.

 daun pepaya

1. Dapat mengobati gejala demam berdarah

Jus daun pepaya paling sering digunakan untuk mengobati gejala yang berhubungan dengan demam berdarah. Gejala umum demam berdarah meliputi demam, kelelahan, sakit kepala, mual, ruam kulit, dan muntah.

Dalam beberapa kasus yang parah, hal itu juga dapat menyebabkan penurunan kadar trombosit, yang dapat meningkatkan risiko pendarahan dan berpotensi fatal jika tidak ditangani.

2. Dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah

Jus daun pepaya sering digunakan sebagai obat alami untuk mengobati diabetes dan meningkatkan kadar gula darah. Studi yang dilakukan pada tikus menemukan bahwa ekstrak daun pepaya penuh dengan antioksidan dan efek penurun gula darah.

Ini membantu dengan melindungi sel penghasil insulin di pankreas dari kerusakan dan kematian dini. Tapi belum ada penelitian yang sama dilakukan pada manusia.

3. Mendukung kesehatan pencernaan

Teh daun pepaya digunakan untuk meringankan gejala pencernaan seperti gas, kembung dan mulas. Daun pepaya mengandung serat yang menunjang kesehatan pencernaan. Ini dapat memecah protein besar menjadi lebih kecil dan lebih mudah untuk mencerna protein dan asam amino.

Ini juga membantu dalam mengobati masalah seperti sembelit, mulas dan mengurangi gejala pada orang dengan sindrom iritasi usus besar.

Temuan ini terbatas pada laporan anekdot dan tidak ada jaminan bahwa ini akan meningkatkan pencernaan Anda. Tapi tidak ada salahnya mencoba.

4. Memiliki efek anti inflamasi

Daun pepaya digunakan untuk mengobati berbagai kondisi peradangan internal dan eksternal, termasuk nyeri otot dan nyeri sendi. Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak daun pepaya secara signifikan mengurangi peradangan dan pembengkakan pada kaki tikus yang mengalami artritis.

 

5. Mendukung pertumbuhan rambut

Mengaplikasikan jus daun pepaya pada kulit kepala dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan kesehatan rambut. Tetapi bukti yang membuktikan hal yang sama sangat terbatas. Studi menunjukkan bahwa tingkat stres oksidatif yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Dengan demikian, mengonsumsi makanan kaya antioksidan dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini