Berkaca dari Siti Zainah, Mungkinkah Perut Tidak Membesar Meski Hamil?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 16 Februari 2021 10:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 16 481 2362784 berkaca-dari-siti-zainah-mungkinkah-perut-tidak-membesar-meski-hamil-u60RdZCFkc.jpg Ilustrasi ibu hamil. (Foto: Shutterstock)

KASUS yang dialami Siti Zainah menarik dibahas dari kacamata ilmu kedokteran. Apa yang dia utarakan sangat janggal jika dilihat dari definisi kehamilan. Ya, Siti Zainah mengaku hamil 1 jam dan langsung melahirkan. Dia tidak merasa adanya kehamilan selama 9 bulan sebelumnya.

Ibu muda asal Cianjur, Jawa Barat, ini pun menegaskan bahwa kehamilannya itu terjadi tanpa ada hubungan badan. Tidak hanya di situ, dia juga mengaku kalau tidak merasa sedang hamil.

Baca juga: Heboh Perempuan Hamil dan Melahirkan dalam 1 Jam

Terkait kejadian ini, dokter spesialis kebidanan dan kandungan Nina Martini Somad SpOG menjelaskan bahwa pada beberapa kasus ibu hamil tidak mengalami beberapa tanda kehamilan seperti mual dan ngidam.

Heboh Siti Zainah hamil dan melahirkan dalam 1 jam. (Foto: Mochamad Andi Ichsyan/Sindonews)

"Rasa mual atau ngidam mungkin bisa saja tidak dirasakan oleh beberapa ibu hamil," ungkap dr Nina kepada MNC Portal melalui pesan singkat, Selasa (16/2/2021).

Baca juga: Mengenal Cryptic Pregnancy, ketika Hamil dan Melahirkan Hanya 1 JamĀ 

Namun, ada tanda kehamilan yang sejatinya sulit tidak dikenali ibu hamil, salah satunya perut membesar dan pergerakan janin di dalam perut.

"Tapi, tanda ini pun bisa tidak dikenali kalau si ibu bertubuh sangat gemuk, sehingga tidak terlalu terlihat perubahan perutnya," terang dia.

Di sisi lain, pembesaran perut sejatinya bukan lagi penilaian yang diterapkan untuk menentukan terjadinya perbesaran janin. Sebab, sekarang ini penilaian dilakukan dengan citra ultrasonografi (USG).

"Jadi, sekarang dokter enggak menilai perkembangan janin dari besarnya perut ibu hamil. Cara ini dinilai kurang akurat. Untuk itu perkembangan janin dinilai dari ukuran janin dengan USG," papar dr Nina.

Baca juga: Terkait Heboh Siti Zainah, Dokter Kandungan: Tidak Bisa Hamil 1 Jam dan MelahirkanĀ 

Ia melanjutkan, secara kasat mata bisa dikenali perkembangan janin tersebut dimulai dari usia kandungan 5 bulan. Ya, di usia kandungan tersebut perut ibu hamil biasanya sudah membuncit. Besar rahimnya sudah setinggi pusar.

"Setelah usia kandungan itu, penambahan lingkar perut rata-rata 1 cm tiap minggunya," tambah dr Nina.

Namun sekali lagi, penilaian ini sudah tidak lazim untuk sekarang karena perkembangan atau pertumbuhan janin dipantau melalui USG.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini