8 Kiat Belanja Aman di Pasar saat Pandemi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 16 Februari 2021 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 16 481 2362792 8-kiat-belanja-aman-di-pasar-saat-pandemi-covid-19-wUndsqt1UB.jpg Ilustrasi belanja ke pasar saat pandemi Covid-19 (Foto : Instagram/@satgas.relawan)

Musim hujan yang tiba bersamaan dengan pandemi Covid-19 membuat masyarakat harus ekstra hati-hati dalam menjaga kesehatan tubuh. Terutama dalam melakukan aktivitas penting sehari-hari yang melibatkan pertemuan dengan banyak orang seperti belanja ke pasar.

Sekadar informasi, berbelanja ke pasar memiliki potensi yang cukup besar sebagai media penularan Covid-19. Beberapa benda yang kurang higienis dan banyaknya jumlah pedagang dan pembeli dalam pasar turut meningkatkan risiko seseorang terpapar Covid-19.

Belanja ke Pasar

Baca Juga : 3 Benda Ini Wajib Dibersihkan Usai Belanja dari Pasar

Oleh sebab itu merencanakan strategi yang aman saat berbelanja sangatlah diperlukan. Merangkum dari Instagram resmi Bidang Koordinasi Relawan Satgas Covid-19 Indonesia @satgas.relawan, Selasa (16/2/2021), berikut tips belanja aman di pasar selama masa pandemi Covid-19. Yuk disimak.

1. Pastikan diri Anda dalam kondisi sehat sebelum berbelanja ke pasar maupun pusat perbelanjaan lainnya.

2. Buat daftar belanja dan tentukan barang-barang yang hendak dibeli sebelum pergi ke pasar maupun pusat perbelanjaan lainnya.

3. Disarankan untuk membeli bahan makanan untuk persedian satu minggu atau di stok untuk mengurangi intensitas bepergian ke pasar.

4. Bawa handsanitizer dan hindari kontak fisik seminimal mungkin. Pakai handsanitizer setelah menyentuh apapun.

5. Jangan lupa membawa sendiri kantong belanja dari rumah.

6. Hindari berbelanja atau pergi ke pasar pada jam-jam sibuk. Cobalah berbelanja di jam yang sepi dari pembeli atau kerumunan.

7. Hematlah waktu atau persingkat waktu saat pergi berbelanja

8. Selalu patuhi protokol kesehatan 3M dengan memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan menjaga jarak.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini