3 Cara Aman Memakai dan Melepas Masker untuk Cegah Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 16 Februari 2021 13:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 16 481 2362902 3-cara-aman-memakai-dan-melepas-masker-untuk-cegah-covid-19-1LsCJMGUu6.jpg Ilustrasi masker untuk mencegah persebaran covid-19. (Foto: Freepik)

MASKER merupakan perlengkapan yang sangat dibutuhkan di masa pandemi covid-19 ini. Pasalnya, penggunaan masker termasuk penerapan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah penularan wabah virus corona.

Masker harus digunakan dengan tepat yakni menutupi bagian hidung, mulut, hingga dagu agar virus covid-19 tidak bisa masuk. Tapi ternyata masih banyak orang yang keliru saat memakai, memegang, maupun melepaskan masker.

Baca juga: Ini Cara Pakai Masker Dobel yang Tepat untuk Cegah Covid-19 

Seperti dirangkum dari unggahan akun Instagram Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan ekonomi Nasional (KPCPEN) @lawancovid19_id, Selasa (16/2/2021), setidaknya ada tiga cara menggunakan dan melepaskan masker yang aman agar terhindari dari virus corona.

"Saat akan pakai, memegang, atau melepas masker, ingat untuk membersihkan tangan terlebih dahulu dengan mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer. Pastikan tangan selalu bersih sebelum menyentuh area wajah, terutama bagian mata, hidung, dan mulut," tulis unggahan tersebut.

Baca juga: CDC: Pakai Masker Dobel Cegah Paparan Virus Corona hingga 95 Persen 

Adapun tiga cara benar memakai dan melepaskan masker, sebagaimana disampaikan KPCPEN, adalah:

1. Bersihkan tangan ketika akan memakai masker.

2. Bersihkan tangan saat akan memperbaiki posisi masker atau menyentuh masker yang dikenakan.

3. Bersihkan tangan ketika melepaskan masker.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini