Republik Ceko Akan Sekolah Tatap Muka, Tes Covid-19 Diperketat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 16 Februari 2021 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 16 481 2362932 republik-ceko-akan-sekolah-tatap-muka-tes-covid-19-diperketat-IBw4Dak2GV.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Pemerintah Republik Ceko berencana membuka sekolah tatap muka pada 1 Maret mendatang. Kendati demikian, untuk memastikan kesehatan para murid dan guru, kebijakan tersebut akan dibarengi dengan tes Covid-19 yang sangat ketat.

Melansir Reuters, Selasa (16/2/2021), seluruh sekolah di Republik Ceko dan negara Uni Eropa sejak Oktober 2020 terpaksa ditutup akibat melonjaknya kasus Covid-19. Pihak berwenang juga menerapkan kebijakan ketat di sejumlah area publik dan menerapkan jam malam.

Anak Pakai Masker

Pembukaan sekolah tatap muka di Republik Ceko sendiri memang tengah menjadi tuntutan utama partai oposisi. Hal ini tidak terlepas dari rasa lelah masyarakat akibat kebijakan lockdown berkepenjangan di negara tersebut.

Meskipun demikian, kebijakan itu hanya berlaku untuk dua kategori sekolah terendah yakni, Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak.

"Jika kami dapat memastikan pengetesan (Covid-19) berjalan lancar dan cukup, tidak ada alasan untuk menghalangi anak-anak kembali bersekolah," ujar Menteri Dalam Negeri Jan Hamacek.

Baca Juga : WHO Beri Izin Penggunaan Vaksin Covid-19 Oxford-AstraZeneca

Sementara itu, Menteri Pendidikan Robert Plaga mengatakan, pembukaan kembali sekolah tatap muka akan dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan kemampuan pemerintah dalam menyediakan fasilitas test antigen bagi masyarakat.

Baca Juga : Ini 4 Lokasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua

Ironisnya, rencana ini dilakukan ketika rumah sakit di beberapa wilayah menderita karena membludaknya pasien COVID-19, yang sebagian disebabkan oleh penyebaran virus varian Inggris.

Bahkan, pada akhir pekan lalu Jerman memperketat pembatasan masuk di perbatasan Ceko dan Austria akibat penyebaran mutasi virus corona di kedua negara tersebut.

Negara berpenduduk 10,7 juta itu memang menjadi salah satu epicentrum penyebaran Covid-19 di Benua Eropa. Hingga saat ini, dilaporkan bahwa korban meninggal Covid-19 di Republik Ceko telah menyentuh angka 18.250 orang.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini