Minum Susu Bisa Berisiko Patah Tulang, Harus Berapa Gelas Sehari?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 17 Februari 2021 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 16 481 2362959 minum-susu-bisa-berisiko-patah-tulang-harus-berapa-gelas-sehari-6V6TRqwLhI.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Dari generasi ke generasi, kita sudah diberitahu tentang manfaat minum susu setiap hari. Segelas susu mengandung kalsium dalam jumlah tinggi, nutrisi yang terkait dengan tulang yang lebih kuat dan pertumbuhan otot.

Itulah mengapa susu dan produk susu lainnya adalah barang yang tidak bisa ditawar di setiap rumah tangga. Tapi menurut teori lain, minum terlalu banyak susu bisa membuat tulang Anda rapuh. Melansir Times of India, Anda akan tahu apakah minum terlalu banyak susu berbahaya bagi tubuh.

Minum Susu

Susu mungkin sehat dan bergizi, tetapi minum terlalu banyak dalam sehari tidak menjamin kesehatan yang lebih baik. Asupan apapun yang berlebihan berbahaya bahkan jika itu adalah sesuatu yang sehat seperti susu.

Sesuai penelitian di Swedia, minum terlalu banyak susu dalam sehari dapat dikaitkan dengan kematian dan peningkatan risiko patah tulang. Bagi peneliti, terlalu banyak susu berarti tiga atau lebih dari tiga gelas sehari.

Baca Juga : Pagi-Pagi Minum Susu Almond Yuk, Simak Manfaatnya untuk Tubuh

Hasil penelitian itu bahkan lebih mengganggu pada wanita. Dalam kasus wanita, ditemukan bahwa minum tiga gelas susu atau lebih setiap hari hampir dapat melipatgandakan risiko kematian mereka dibandingkan dengan mereka yang hanya minum kurang dari satu gelas setiap hari. Pria tidak terpengaruh dengan cara yang sama seperti wanita, tetapi hal itu pasti dapat meningkatkan angka kematian.

Menurut penelitian lain, yang diterbitkan pada tahun 1997 oleh para peneliti di Universitas Harvard, minum terlalu banyak susu tidak menjamin patah tulang lebih sedikit. Penelitian yang dilakukan pada 77.000 perawat wanita selama 10 tahun tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam jumlah patah tulang lengan atau pinggul antara mereka yang minum satu gelas susu seminggu atau mereka yang minum lebih sedikit susu.

Haruskah kita menghindari susu?

Minum Susu

Hasil penelitian pasti mengkhawatirkan, tetapi ini tidak menunjukkan bahwa Anda harus menghindari minuman sepenuhnya. Susu adalah pembangkit tenaga nutrisi.

Selain kalsium, ia juga dikemas dengan nutrisi penting lainnya seperti vitamin D, vitamin B 12 dan protein. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa minum susu setiap hari dapat menurunkan risiko terserang penyakit kronis. Yang perlu Anda lakukan adalah mengkonsumsinya dalam jumlah sedang.

Segelas susu dalam sehari adalah pilihan yang ideal. Berdasarkan penelitian tersebut, yang terbaik adalah menghindari minum lebih dari 2 gelas susu dalam sehari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini