Wajib Tahu, 6 Manfaat Teh Serai untuk Kesehatan Tubuh

Uthari Handayani, Jurnalis · Selasa 16 Februari 2021 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 16 481 2363069 wajib-tahu-6-manfaat-teh-serai-untuk-kesehatan-tubuh-W0xdmN6xUw.jpg Teh serai memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. (Foto: Jcomp/Freepik)

TEH serai ternyata memberikan manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan tubuh manusia. Kemudian juga bisa mencegah timbulnya berbagai macam penyakit.

Tumbuhan serai sendiri sudah lama digunakan masyarakat. Di antaranya sebagai bumbu masakan. Lalu minyak esensialnya juga dipakai sebagai aromaterapi untuk menyegarkan udara, mengurangi stres, dan meningkatkan mood.

Baca juga: Banyak Manfaatnya, Tanaman Serai Ternyata Bisa Jadi Penangkal Ular Kobra Lho 

Sementara teh serai ternyata memberi manfaat yang juga banyak. Apa saja? Simak penjelasannya, seperti dilansir laman Healthline.

Teh serai. (Foto: Jcomp/Freepik)

1. Bersifat antioksidan

Penelitian yang diterbitkan Journal of Agriculture and Food Chemistry menemukan bahwa serai mengandung beberapa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Di antaranya adalah asam kloregenat, isoorientin, dan swertiajaponin.

2. Memiliki antimikroba

Antimikroba pada teh serai dapat membantu mengobati infeksi mulut dan gigi yang berlubang. Ini berasal dari minyak esensialnya yang dapat melawan Streptococcus mutans atau bakteri yang merusak gigi.

Baca juga: Peneliti Temukan Pasien Terinfeksi Dua Jenis Covid-19 Berbeda 

3. Bersifat antiinflamasi

Menurut Memorial Sloan Kettering Cancer Center, serai memiliki senyawa citral dan geranial yang bersifat antiinflamasi. Ini sangat bagus untuk menghentikan peradangan yang menyerang tubuh.

4. Mengurangi risiko

Senyawa citral dalam teh serai lagi-lagi dianggap efektif melawan beberapa jalur sel kanker. Ini bisa mematikannya secara langsung atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mempunyai kekuatan lebih untuk melawannya.

Baca juga: Militer Myanmar Perpanjang Penahanan Aung San Suu Kyi, Picu Protes Besar-besaran

5. Melancarkan pencernaan

Menurut penelitian yang diterbitkan National Institutes of Health Secangkir, teh serai menunjukkan perlawanan terhadap tukak lambung. Ini merupakan obat alternatif untuk sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan. Selain itu, minyaknya dapat membantu melindungi lapisan lambung dari kerusakan.

6. Sebagai diuretik

Diuretik membuat seseorang lebih sering membuang air kecil yang dapat membersihkan tubuh dari kelebihan cairan dan natrium. Ini bagus untuk orang yang mengalami gagal jantung, gagal hati, dan edema.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini