Share

Indra Penciuman Hilang, 4 Bahan Alami Ini Bantu Redakan Anosmia

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 16 Februari 2021 21:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 16 481 2363218 indra-penciuman-hilang-4-bahan-alami-ini-bantu-redakan-anosmia-XPBP92NyyK.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Anosmia adalah hilangnya indra penciuman sebagian atau seluruhnya. Kehilangan ini mungkin bersifat sementara atau permanen. Kondisi umum yang mengiritasi lapisan hidung, seperti alergi atau pilek, dapat menyebabkan anosmia sementara.

Orang dengan anosmia mungkin tidak dapat sepenuhnya mencicipi makanan dan mungkin kehilangan minat untuk makan. Ini dapat menyebabkan penurunan berat badan atau malnutrisi. Anosmia juga dapat menyebabkan depresi karena dapat mengganggu kemampuan seseorang untuk mencium atau merasakan makanan yang nikmat.

Karenanya, melansir Times of India, berikut jenis makanan yang bisa Anda andalkan untuk meredakan anosmia.

Bubuk cabai merah atau cabai rawit

Bubuk Cabai

Bumbu pedas seperti cabai rawit atau bubuk cabai dapat membantu mengembalikan indra penciuman Anda. Meskipun ini bukan pengobatan yang didukung sains, manfaatnya terletak pada kandungan kuat yang ada dalam rempah-capsaicin, yang dikatakan efektif "membersihkan" hidung yang tersumbat, mengaktifkan indera, dan meningkatkan fungsi indra penciuman.

Ini juga sangat membantu dalam menghilangkan flu. Pastikan Anda mencampurnya dengan secangkir air atau tambahkan zat pemanis seperti madu sebelum digunakan.

Baca Juga : Beda Parosmia dan Anosmia, Gejala Covid-19 Serang Indera Penciuman

Baca Juga : Apa yang Terjadi Jika Indra Penciuman Kita Berhenti Berfungsi?

Bawang putih

Bawang Putih

Bawang putih telah muncul sebagai obat anti-virus dan peningkat kekebalan selama pandemi. Bawang putih juga mengandung khasiat yang meredakan pembengkakan dan peradangan di sekitar saluran hidung, memudahkan pernapasan dan pada akhirnya membantu memulihkan indera penciuman dan rasa lebih cepat.

Meskipun bawang putih tidak dapat dihirup, Anda dapat menyesap ramuan panas dari siung bawang putih yang dihancurkan dan air. Jus lemon, yang juga merupakan obat flu, juga dapat ditambahkan ke minuman untuk mendapatkan manfaat tambahan.

Minyak jarak

Minyak Jarak

Minyak jarak adalah bahan yang cukup ampuh. Penuh dengan sifat anti-oksidan, anti-inflamasi, telah digunakan oleh orang-orang yang sering menderita gejala nyeri sinusitis dan alergi untuk mengurangi pertumbuhan polip hidung.

Ini juga cukup bermanfaat dalam meredakan gejala batuk, pilek, membangun kembali indra penciuman, sampai batas tertentu. Tergantung pada preferensi Anda, Anda dapat menggunakan minyak jarak secara teratur selama periode pemulihan untuk melihat perbedaannya. Panaskan minyak jarak dan teteskan ke lubang hidung Anda, berlatihlah menarik napas dalam-dalam.

Menghirup aroma jeruk yang dibakar

Jeruk

Meski bukan pengobatan ilmiah, mengendus atau menghirup jeruk yang hangus dibakar dapat membantu mengembalikan indera penciuman yang hilang. Memakan daging jeruk yang sudah dibakar juga diyakini dapat membantu mengembalikan indra penciuman yang hilang. Namun, pengobatan ini belum ada persetujuan dari dokter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini