Studi: Pandemi Covid-19 Membuat Orang Jadi Lebih Baik Hati

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 16 Februari 2021 07:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 16 612 2362687 studi-pandemi-covid-19-membuat-orang-jadi-lebih-baik-hati-jVyxT4LslR.jpg Ilustrasi bersikap lebih baik di masa pandemi covid-19. (Foto: Freepik)

SEBUAH studi mengungkap pandemi covid-19 ternyata membuat orang-orang jadi lebih baik hati kepada sesamanya. Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil survei yang digelar baru-baru ini.

Seperti dikutip dari Metro.co.uk, Selasa (16/2/2021), dalam studi yang digelar Travelodge itu, mendapati bahwa orang-orang jadi lebih ramah dan bersikap baik kepada orang lain selama setahun belakangan ini di masa pandemi covid-19.

Baca juga: Ashanty Kena Covid-19, Bolehkah Pengidap Autoimun Divaksin? 

Mulai memberikan traktiran makanan atau paket lainnya kepada para pekerja esensial yang sedang berjuang, memberikan hadiah kepada kurir, atau sekadar rutin panggilan video dengan keluarga dan teman-teman dekat.

Hal ini menunjukkan usaha lebih yang dilakukan banyak individu tidak hanya untuk orang-orang tercinta yang dikenal, tetapi juga kepada orang asing yang tidak kenal secara pribadi.

Ilustrasi covid-19. (Foto: Shutterstock)

Hasil studi menunjukkan bahwa orang-orang tidak hanya tetap berhubungan dengan kerabat dan keluarga, tetapi juga menyumbang lebih banyak ke food bank dan organisasi amal lainnya.

Dari 2.000 orang yang diamati dalam studi ini, banyak yang mengungkapkan bahwa mereka lebih sering berbicara dengan orang asing dan mengirim hadiah sebagai kejutan kepada teman-teman tersayang.

Baca juga: Jari-Jari Tangan Menghitam Jadi Gejala Baru Covid-19? 

Sepertiga dari peserta studi juga mengaku kalau mereka pribadi menyakini suatu tindakan kebaikan secara acak dapat menginspirasi orang lain.

Dari contoh yang paling menonjol misalnya ada dokter yang di sela-sela waktu luangnya membagi-bagikan makanan kepada orang lain yang membutuhkan. Sampai seorang siswi yang menyiarkan sesi belajar dari kamar tidurnya di rumah kepada teman-teman sekelasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini