5 Cara Menata Tanaman Hias untuk Segarkan Suasana Rumah

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 17 Februari 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 16 612 2362945 5-cara-menata-tanaman-hias-untuk-segarkan-suasana-rumah-DRGLK5DDfC.jpg Tanaman hias di teras rumah (Foto : Instagram)

Mendekorasi rumah dengan tanaman hias jadi salah satu tren di masa pandemi Covid-19. Terlebih lagi, dengan penerapan aturan PSBB ketat yang menganjurkan masyarakat untuk tinggal di rumah saja, hobi ini semakin tren.

Mendekorasi rumah dengan aneka tanaman nyatanya tak bisa sembarangan loh. Agar suasana di rumah bisa segar dan sejuk, kita perlu memperhatikan jenis dekorasi tanaman hias yang tepat dan sesuai dengan jenis ruangan di rumah.

Jika Anda masih bingung tentang penempatan tanaman yang tepat untuk tiap kategori ruangan. Mengutip siaran pers ‘Menata Tanaman Hias ala IKEA’ yang diterima Okezone, Rabu (17/2/2021) yuk simak ulasan singkat 5 cara menata tanaman hias di rumah berikut ini.

1. Dekorasi meja belajar

Tanaman Hias

Untuk meja belajar atau meja kerja, bisa dihias menggunakan tanaman hias mini. Jangan salah, dari riset yang dilakukan oleh Dr Chris Knight dari Exeter University, menemukan bahwa produktivitas seseorang meningkat 15 persen setelah meja kerjanya dihiasi dengan tanaman.

Jika meja belajar atau meja kerja di rumah ukurannya tak terlalu besar, Anda bisa meletakkan beberapa tanaman hias mini yang cantik dan tanaman yang mudah untuk dirawat, contohnya jenis tanaman sukulen. Cukup disemprotkan air seminggu sekali dan diletakkan di dekat cahaya matahari.

Baca Juga : Melambangkan Harapan, Bunga Matahari dan Prayer Plant Bakal Jadi Ikon Tanaman 2021

2. Tanaman tinggi untuk ruang tamu

Tanaman Hias

Ruang tamu di rumah ukurannya minimalis? Tenang, ruang tamu Anda tetap bisa sejuk dan asri. Triknya adalah dengan menghiasnya memakai tanaman yang tingg. Tanaman jenis ini bisa mendominasi suatu ruangan dengan mudah, apalagi ketika ditambah pot tanaman berukuran sedang dengan desain yang stylish. Jika tidak suka tanaman tinggi, kita bisa juga meletakan tanaman berukuran kecil di stand tanaman atau end table agar terlihat menonjol.

Baca Juga : Lidah Mertua, Tanaman Hias yang Bisa Perbaiki Kualitas Udara

3. Tanaman hias di kamar mandi

Tanaman Hias

Kamar mandi ternyata jadi salah satu ruangan di rumah yang pas untuk diletakkan tanaman hias loh! Sebab kamar mandi yang memiliki tingkat kelembapan yang tinggi, justri bisa membuat beberapa tanaman hias dapat hidup dan bertumbuh dengan baik.

Contohnya, jenis tanaman Sanderiana Curly yang cocok diletakkan di ruangan lembap dan bisa dipasangkan dengan vas bunga favorit. Bisa juga pilih tanaman berukuran besar, triknya dengan memakai pot gerabah berukuran sedang atau besar untuk meletakkan tanaman tersebut di lantai. Selain tanaman hidup, tanaman hias tiruan bisa juga jadi alternatif pilihan lain supaya kamar mandi tersa lebih segar.

4. Tanaman yang butuh sinar matahari untuk teras

Tanaman Hias

Untuk tipe tanaman yang butuh cahaya matahari langsung, sebaiknya diletakkan di area teras rumah. Teras yang dipenuhi dengan tanaman akan memberikan nuansa alam yang segar di rumah. Supaya tetap rapi manfaatkan lah stand tanaman berwarna netral atau pot tanaman dengan material rotan untuk memajang aneka tanaman favorit Anda di teras.

5. Tanaman gantung untuk sudut rumah

Tanaman Hias

Mau sudut rumah terlihat dan terasa lebih cozy? Menambahkan dekorasi berupa tanaman gantung jadi jawabannya. Tempatkan tanaman hias gantung di dekat jendela, di area ada tembusan cahaya matahari. Selain itu, pilih tirai dan pot gantung berwarna natural untuk melengkapi tanaman hias gantung favorit Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini