5 Tips agar Anak Jadi Percaya Diri dan Tak Minder

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 16 Februari 2021 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 16 612 2363040 5-tips-agar-anak-jadi-percaya-diri-dan-tak-minder-F2AyPxljXV.jpg Anak merasa minder (Foto: The List)

Anak yang percaya diri, bisa beradaptasi, dan mudah bergaul menjadi nilai positif tersendiri. Studi dari Social and Behavioral Sciences memperkuat dengan menyatakan bahwa pola asuh orangtua tertentu berpengaruh pada tingkat kepercayaan diri anak.

Namun sayangnya, akibat kurang tepat dalam pola asuhnya, sebagian anak menjadi minder atau tak percaya diri.

Ada juga beberapa hal atau kebiasaan yang dilakukan orangtua dalam mendidik, yang bisa membuat anak sering minder seperti anak sering dimarahi, anak sering diremehkan, dan anak terlalu sering dilarang-larang dalam melakukan segala hal.

Lalu bagaimana jika anak terlihat sering minder? Dikutip dari akun Instagram @smartparent.official, berikut ini langkah agar anak terhindar dari rasa tak percaya diri.

 mendidik anak

1. Jangan langsung memarahinya

Anak-anak dapat dengan mudah menyerap setiap pesan yang diterimanya, apalagi dari orang tuanya. Apabila Anda memarahinya karena terlihat minder, hal itu justru akan membuatnya merasa lebih buruk. Anak akan berpikir orangtua tidak dapat memahami kondisinya.

2. Ajak bicara

Rasa minder biasanya muncul karena ada pencetusnya. Di sini tugas orangtua mencari tahu penyebabnya. Ajak anak Anda bicara secara lembut, tanyakan apa yang membuatnya merasa tidak percaya diri.

Bisa jadi hal itu terjadi karena diejek oleh teman-teman, atau merasa iri ada teman yang lebih hebat darinya. Apapun itu alasannya, dengarkanlah semua cerita anak tentang apa yang dirasakan mereka.

 

3. Ajarkan cara menyelesaikan masalah

Setelah mengetahui apa yang jadi penyebab anak sering minder, ajarkan ia cara mengatasi masalah. Misalnya, apabila anak Anda merasa prakaryanya kurang baik dari teman-temannya, maka ajaklah untuk membuatnya ulang supaya terlihat sempurna.

Selain itu ajarkan pada anak bahwa melakukan kesalahan itu adalah proses belajar. Selama ia mau berusaha lebih giat lagi, pasti bisa menjadi lebih baik.

4. Fokus kelebihan anak

Jika anak Anda minder karena merasa tidak punya kelebihan, maka bantu mereka untuk menemukan kelebihan yang di miliki, dengan fokus pada hal-hal yang disukai.

Ajaklah anak untuk mencoba hal-hal baru, misalnya dengan les musik atau ikut kegiatan positif lainnya. Hal ini dapat membantu orangtua untuk menemukan bakat dan kelebihan anak.

5. Ajarkan mengambil keputusan sendiri

Kemudian agar anak terhindar dari rasa tak percaya diri maka ajarkan ia untuk mengambil keputusan sendiri. Misalnya, ketika ingin memakaikan baju, minta memilih sendiri baju yang ingin dipakai. Serta tanyakan juga mengapa ia memilih pakaian tersebut.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini