5 Pelajaran Besar yang Dapat Dipetik dari Toxic Relationship

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 16 Februari 2021 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 16 612 2363071 5-pelajaran-besar-yang-dapat-dipetik-dari-toxic-relationship-R2RjPL3pGV.jpg Toxic relationship (Foto: Pixabay)

Berada dalam sebuah toxic relationship atau hubungan beracun tak hanya menguras mental tetapi juga fisik. Memiliki pasangan posesif, kasar, kolot, tukang selingkuh serta faktor lain yang memicu terjadinya hubungan beracun memang meninggalkan bekas luka batin.

Akan tetapi, ini tidak berarti Anda harus berkabung dalam trauma mendalam dan takut untuk menjalin hubungan baru. Karena melansir Times of India, ada hal-hal yang bisa jadi pelajaran dari toxic relationship agar tidak melakukan kesalahan yang sama.

 toxic relationship

1. Belajar menetapkan batasan

Jangan biarkan siapa pun meremehkan Anda, bahkan orang yang paling Anda anggap berharga. Selalu tentukan batasan Anda dan jelaskan kepada orang lain tentang hal yang Anda sukai dan tak sukai.

2. Dengarkan teman dan keluarga Anda

Keluarga dan teman Anda akan selalu menginginkan yang terbaik untuk Anda. Jadi, jika mereka memiliki pendapat tentang seseorang yang pernah Anda temui, dengarkan mereka.

3. Hargai nilai diri Anda sendiri

Begitu seseorang sangat mengecewakan Anda dalam hubungan yang beracun, Anda harus bangkit dan belajar lebih menghargai nilai diri Anda sendiri. Dirimu lebih berharga di atas segalanya. Bahkan lebih berharga dari orang yang Anda cintai.

4. Anda tidak bisa mengubah orang

Hubungan beracun Anda akan mengajari Anda bagaimana Anda tidak dapat mengubah seseorang untuk menjadi yang Anda mau, bahkan ketika Anda mencoba level terbaik Anda. Semuanya terserah mereka, bukan kemauan Anda.

5. Prioritaskan diri Anda sendiri

Jadikan diri Anda prioritas dan lihat bagaimana kehidupan berubah di sekitar Anda. Ini adalah salah satu pelajaran terbesar untuk dipelajari dari hubungan beracun di mana Anda menjadikan orang lain sebagai prioritas Anda dan mereka mengecewakan Anda.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini