4 Cara Mengatasi Perasaan Bersalah

Uthari Handayani, Jurnalis · Selasa 16 Februari 2021 16:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 16 612 2363097 4-cara-mengatasi-perasaan-bersalah-80NnYr9YWY.jpg Merasa bersalah (Foto: Shutterstock)

Manusia tidak pernah luput dari penyesalan. Di mana ini membuat kita memiliki perasaan bersalah.

Padahal sebetulnya emosi ini adalah normal untuk terjadi dan dari kesalahan, seseorang bisa belajar dan memperbaiki diri. Tapi di kebanyakan kasus, rasa bersalah yang tidak terselesaikan dapat membuat diri semakin terpuruk dari waktu ke waktu

Untuk menghadapi perasaan bersalah, berikut cara untuk mengatasinya yang dilansir dari Healthline.

merasa bersalah

1. Mengakui kesalahan

Mengakui kesalahan adalah hal pertama dan terbaik yang bisa dilakukan. Karena alih-alih mengabaikannya dan mencoba kabur tidak bisa mengubah keadaan. Jika kesulitan mengakuinya, cobalah merefleksikan diri untuk bisa menerima kesalahan tersebut.

2. Memeriksa sumber rasa bersalah

Terkadang kita merasa bersalah untuk hal-hal yang sebenarnya bukan tanggung jawab kita. Namun, emosi ini muncul begitu saja dan berakhir pada menyalahkan diri sendiri. Tentu saja tindakan tersebut perlu dihindari dengan cara memeriksa sumber kesalahannya. Lakukan ini demi kepentingan diri sendiri.

 

3. Meminta maaf

Saat kesalahan benar datang dari diri Anda, terima dan perbaikilah dengan meminta maaf. Baik itu pada diri sendiri atau orang lain. Dengan melakukan hal ini berarti Anda menyampaikan penyesalan dan berencana menghindari kesalahan serupa di kemudian hari.

4. Berhenti menyalahkan diri sendiri

Semua orang melakukan kesalahan, jangan terlalu keras dalam menghadapinya. Memaki dan menyalahkan diri sendiri tidak akan memperbaiki keadaan karena hanya akan membebani masalah emosional. Sebaliknya, berikan diri kebaikan dan kasih sayang. Sadari bahwa manusia memang tempatnya salah dan dosa.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini