Yuk Terapkan 4 Langkah Bersih untuk Sayur dan Buah

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Rabu 17 Februari 2021 06:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 17 298 2363304 yuk-terapkan-4-langkah-bersih-untuk-sayur-dan-buah-8eVtktqJCP.jpeg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

DI masa pandemi seperti ini, memang kita harus ekstra waspada dan membersihkan barang-barang kita. Termasuk, bahan makanan dan buah-buahan yang kita beli.

Oleh karena itu, ketika baru membeli buah-buahan, ada baiknya kita langsung mencucinya sebelum disimpan atau dikonsumsi. Mencuci buah dan sayuran segar dengan air dingin sebelum dimakan merupakan kebiasaan baik demi menjaga kebersihan, kesehatan, dan keamanan pada makanan. 

Hal ini dilakukan untuk menghilangkan residu yang menempel, serta meminimalkan jumlah bakteri atau zat lain yang menempel. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Sebelum mulai mencuci produk segar, cuci tangan Anda dengan sabun dan air. 

Pastikan peralatan, wastafel, dan permukaan apa pun yang Anda gunakan untuk menyiapkan produk juga dibersihkan terlebih dahulu.Hiangkan area yang terlihat busuk. Cucilah buah sebelum dikupas, untuk mencegah bakteri permukaan memasuki daging.

Seperti dilansir dari Healthline, berikut metode membersihkan sayuran dan buah segar sebelum dimakan.

Buah-buahan

Buah kulit kencang

Buah-buahan dengan kulit yang lebih kencang seperti apel, lemon, dan pir, serta sayuran akar seperti kentang, wortel, dan lobak, Anda dapat membersihkan dengan penyikat bulu yang bersih dan lembut untuk menghilangkan residu dari pori-pori dengan lebih baik.


Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, selada, lobak, daun bawang, dan sayuran silangan seperti kubis Brussel dan bok choy harus dihilangkan lapisan terluarnya, kemudian direndam dalam semangkuk air dingin, disiram, dikeringkan, dan dibilas dengan air bersih.

Beri hingga jamur

Buah beri, jamur, dan jenis hasil bumi lainnya yang lebih mudah hancur dapat dibersihkan dengan aliran air yang stabil dengan gesekan lembut menggunakan jari untuk menghilangkan pasir.

Keringkan

Setelah Anda membersihkan secara menyeluruh, keringkan dengan kertas atau handuk kain bersih. Produk yang lebih rapuh dapat diletakkan di atas handuk dan ditepuk atau digulung dengan lembut untuk mengeringkannya tanpa merusaknya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini