Kenapa Harus Sikat Gigi Sebelum Minum Kopi di Pagi Hari?

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 17 Februari 2021 12:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 17 298 2363524 kenapa-harus-sikat-gigi-sebelum-minum-kopi-di-pagi-hari-tcFHxHoaMR.jpg Minum kopi (Foto: Pixabay)

Bagi para penikmat kopi, minum secangkir atau segelas kopi di pagi hari tentu jadi rutinitas pagi setiap harinya.

Namun sebagian orang belum menyadari bahwa kebiasaan minum kopi, dapat menganggu kesehatan gigi. Sebab, kopi diketahui dapat meninggalkan noda di gigi dan keasaman pada kopi bisa langsung mengikis enamel gigi. Itulah kenapa waktu menyikat gigi jadi faktor penting untuk peminum kopi.

 kopi

Jika selama ini Anda menyikat gigi setelah minum kopi, sayangnya urutan ini adalah hal yang keliru. Pasalnya, menurut dokter gigi urutan yang tepat adalah menyikat gigi terlebih dahulu baru kemudian meminum kopi.

Seperti dijelaskan Christina Meiners, dokter gigi di CommuniCare Health Centers, menyikat gigi sebelum minum kopi bisa membuat noda kopi lebih sulit tertinggal di gigi.

“Menyikat gigi sebelum minum kopi, menghilangkan penumpukan plak dan membuat noda lebih sulit menempel. Jika Anda bisa menyikat gigi dengan baik dan bersih, maka lebih sedikit kopi yang menempel di gigi,” kata dokter Christina, seperti dikutip Huffingtonpost, Rabu (17/2/2021)

Untuk diketahui, justru menyikat gigi setelah minum kopi malah membuat kesehatan gigi memburuk. Mengingat kopi bersifat asam, maka menyikat gigi setelah minum kopi malah akan melemahkan enamel yang mana sebagai lapisan terluar gigi seharusnya berfungsi untuk melindungi gigi dari kerusakan fisik dan kimiawi.

“Menyikat gigi dalam keadaan mulut yang asam, ini artinya Anda menyikat asam yang lebih banyak lagi ke gigi. Itu sebetulnya bisa menyebabkan gigi lebih cepat rusak dan jadi lebih sensitif,” tambah Dokter Christina.

Dokter Christina mengungkapkan, ketika di pagi hari ia biasanya akan menyikat giginya terlebih dahulu baru menikmati minuman kopi dan setelah itu kumur-kumur dengan air untuk membantu menetralisir level keasaman di dalam mulut.

Senada dengan dokter Christina, dokter Sonya Krasilnikov dari Dental House New York menyebutkan menyikat gigi dalam keadaan mulut asam itu memang merusak kesehatan gigi.

“Menyikat gigi ketika lingkungan mulut Anda asam, itu abrasif secara kimia," ujar dokter Sonya.

Jika tetap ingin mulut terasa bersih setelah minum kopi, disarankan untuk memberikan jeda waktu sekitar 30 menit terlebih dahulu usai sesi minum kopi selesai. Baru setelah itu, Anda bisa menyikat gigi.

“Air liur akan menetralisir pH Anda di mulut, dalam setengah jam mulut kembali ke keadaan sehat di mana pH harus ada di mulut. Menyikat gigi dan segala aktivitas yang lain bisa aman dilakukan,” pungkas dokter Sonya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini