Begini Cara Jaga Pasokan Makanan di Kulkas Tetap Segar saat Listrik Padam

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Rabu 17 Februari 2021 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 17 298 2363732 begini-cara-jaga-pasokan-makanan-di-kulkas-tetap-segar-saat-listrik-padam-xN2XRRqVTU.jpg Ilustrasi pasokan makanan di kulkas. (Foto: Bearfotos/Freepik)

LISTRIK padam bisa terjadi di mana saja. Tetapi listrik padam secara tiba-tiba ternyata menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi sebagian orang. Pasalnya, ada pasokan makanan di kulkas atau freezer yang bisa saja rusak akibat tidak adanya pasokan listrik.

Keadaan ini dapat membuat pasokan makanan menjadi busuk, sehingga menimbulkan bau tidak sedap di dalam lemari es.

Baca juga: 5 Makanan Ini Ampuh Hilangkan Mata Panda, Yuk Sering DikonsumsiĀ 

Tapi jangan khawatir, ternyata ada cara menjaga makanan di kulkas tetap segar saat listrik padam. Apa saja? Berikut penjelasannya, seperti dipaparkan Insider.

1. Tutup pintu lemari es selama mungkin

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), dalam keadaan listrik padam, lemari es yang tertutup akan tetap dingin hingga empat jam dan freezer tertutup akan mempertahankan suhunya selama 24 jam jika setengah penuh dan 48 jam jika penuh.

Makanan di kulkas. (Foto: Freepik)

2. Beli termometer peralatan untuk disimpan di dalam lemari es dan freezer

Menurut USDA, Anda harus selalu menjaga lemari es pada atau di bawah 40 derajat Fahrenheit dan freezer pada atau di bawah 0 derajat Fahrenheit. Menyimpan termometer peralatan di dalam lemari es dan freezer dapat memberi tahu Anda ketika lemari es atau freezer telah menghangat ke titik yang tidak aman tanpa daya.

Baca juga: 5 Makanan yang Bisa Dinikmati Tanpa Takut GemukĀ 

3. Simpan es ekstra di dalam freezer dan bekukan air dalam botol

Beli kantong es ekstra untuk disimpan di dalam freezer. Ini untuk membantu menjaga suhu dan untuk digunakan jika Anda harus memindahkan makanan ke pendingin. Jika freezer Anda memiliki pembuat es, kosongkan es batu ke dalam kantong penyimpanan berukuran galon setiap kali baki penuh.

USDA juga merekomendasikan untuk menyimpan botol air di freezer. Ini tidak hanya akan membantu menjaga makanan beku tetap dingin lebih lama, tetapi membantu Anda memiliki persediaan air minum segar jika persediaan air Anda terkontaminasi.

4. Kelompokkan makanan beku di dalam freezer

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) merekomendasikan untuk mengelompokkan semua makanan beku Anda ke dalam freezer demi mengantisipasi pemadaman listrik. Ini akan membantu menjaga makanan Anda tetap dingin untuk jangka waktu yang lebih lama.

Baca juga: Awas, 5 Makanan Ini Bisa Bikin Perut KembungĀ 

5. Pindahkan dari lemari es ke freezer

Pindahkan beberapa makanan yang didinginkan ke lemari pembeku untuk menjaganya tetap pada suhu yang aman dalam jangka waktu lebih lama.

Siapkan satu atau dua pendingin untuk mengantisipasi pemadaman listrik yang berkepanjangan. Jika listrik akan padam lebih dari sehari, siapkan pendingin kedua untuk makanan di freezer Anda.

Makanan di kulkas. (Foto: Bearfotos/Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini