Sertifikat Vaksinasi Covid-19 Jadi Syarat Perjalanan? Ini Jawaban Kemenkes

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 17 Februari 2021 14:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 17 481 2363629 sertifikat-vaksinasi-covid-19-jadi-syarat-perjalanan-ini-jawaban-kemenkes-lhHt7q0gop.jpg Ilustrasi perjalanan di tengah pandemi covid-19. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

BEBERAPA waktu lalu muncul informasi sertifikat vaksinasi covid-19 akan dijadikan syarat perjalanan. Isu ini pun ramai di luar negeri. BBC News mencatat Health Secretary Inggris Matt Hancock pernah menjelaskan bahwa beberapa negara berencana memberlakukan sertifikat vaksinasi covid-19 sebagai bagian dari "passport" perjalanan.

"Beberapa negara berencana meminta bukti vaksinasi Anda untuk memungkinkan masuk ketika perjalanan internasional sudah dapat dilakukan, dan Inggris terlibat dalam ide tersebut," katanya.

Baca juga: Menkes Budi Targetkan Vaksinasi Covid-19 di 115 Pasar Jabodetabek 

Tapi, apakah Indonesia akan melakukan hal ini?

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menjelaskan bahwa sejauh ini belum ada arahan ke situ.

"Belum, lagipula Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga belum menetapkan sertifikat vaksinasi sebagai syarat untuk pelaku perjalanan," kata Nadia dalam webinar baru-baru ini.

Baca juga: Amankah Makan Bareng dengan Orang yang Sudah Divaksin Covid-19? 

Menjadi catatan semua orang bahwa meski sudah mendapat vaksin covid-19, tetap ada kemungkinan tertular wabah penyakit.

"Kita juga belum menjangkau persentase untuk mencapai herd immunity," ungkapnya, "Jadi sertifikat vaksinasi belum menjadi syarat perjalanan."

Di sisi lain ahli epidemiologi dari Griffith University Australia, Dicky Budiman, menerangkan bahwa perjalanan antarnegara di saat krisis pandemi belum mereda akan meningatkan risiko masuknya strain baru covid-19 ke Indonesia.

"Dengan melakukan perjalanan antarnegara, itu amat memungkinkan membawa strain baru ke Indonesia, terlebih di negara tersebut sudah dilaporkan kasus covid-19 jenis baru. Jadi, ada baiknya tahan dulu dan selalu disiplin 5M sebagai upaya melindungi diri Anda dan orang lain," paparnya.

Baca juga: Intip Foto-Foto Ghea Youbi dan Anya Geraldine Liburan di Pantai, Seksi Mana?

Vaksin covid-19. (Foto: 8photo/Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini