9 Manfaat Teh Adas untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kanker Lho

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Rabu 17 Februari 2021 16:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 17 481 2363699 9-manfaat-teh-adas-untuk-kesehatan-bisa-cegah-kanker-lho-vLNzuDmAP3.jpg Ilustrasi teh adas. (Foto: Onlyyouqj/Freepik)

BIJI adas memiliki banyak khasiat yang telah dikenal sejak zaman dahulu. Biji ini bisa diolan menjadi teh adas yang mengandung banyak antioksidan dan dapat meningkatkan fungsi pencernaan serta penglihatan. Selain itu, manfaat teh adas juga dapat mencegah berbagai penyakit dan meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

Biji adas bisa dikonsumsi mentah atau dalam bentuk teh adas. Dikenal sebagai Foeniculum vulgare dalam bahasa ilmiah, adas merupakan tanaman aromatik yang digunakan untuk memasak maupun pengobatan.

Baca juga: Studi: Minum Teh Oolong Ampuh Turunkan Berat Badan, Bahkan saat Tidur 

Teh adas kaya vitamin seperti A, C, dan D. Lalu mengandung antioksidan yang juga meningkatkan fungsi pencernaan dan kekuatan mata. Berikut sembilan manfaat teh adas untuk kesehatan tubuh manusia, seperti dilansir NDTV.

1. Menurunkan berat badan

Dikarenakan mampu meningkatkan sistem pencernaan tubuh, teh adas dapat merangsang asupan nutrisi dengan lebih baik, sehingga membuat peminumnya tidak makan berlebihan. Selain itu, teh adas dapat membantu menjaga kadar glukosa dalam tubuh, menghentikan nafsu makan, dan menghilangkan cairan ekstra dari tubuh.

Ilustrasi minuman teh. (Foto: Stockking/Freepik)

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Hati yang sehat memecahkan kolesterol dengan cara yang sempurna. Teh adas dikenal sebagai salah satu makanan yang membantu hati berfungsi dengan baik dan meningkatkan detak jantung.

3. Meningkatkan sistem kekebalan

Biji adas sangat kaya vitamin C yang juga merupakan antioksidan kuat. Biji adas kaya sifat antimikroba yang secara otomatis meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: 3 Khasiat Teh Hijau Sencha Asal Jepang, Bikin Tubuh Makin Sehat 

4. Meningkatkan kesehatan mata

Biji adas juga bermanfaat meningkatkan penglihatan mata. Vitamin C berperan penting dalam meningkatkan penglihatan. Juga dapat digunakan untuk mengobati konjungtivitis dengan mencuci mata menggunakan air biji adas.

5. Mengurangi jerawat

Adas mengandung minyak esensial yang bersifat anti-inflamasi untuk merawat kondisi kulit, seperti jerawat. Adas juga membantu membuang cairan berlebih dari kulit yang berubah menjadi jerawat.

6. Melawan diabetes

Berkat sumber nutrisinya yang tinggi, seperti vitamin C dan Kalium, teh adas dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan reaktivitas insulin yang menghasilkan keseimbangan gula.

7. Sebagai obat cacing

Sifat pencahar di dalam teh adas dapat mengeluarkan parasit dari sistem pencernaan, ini karena sifatnya sebagai obat penenang cacing di dalam perut.

Baca juga: Kabar Baik, Kasus Covid-19 Mulai Turun

8. Meningkatkan kesehatan gusi

Teh adas memiliki sifat antimikroba yang sangat baik yang membuat gusi tetap kuat dan mencegahnya dari peradangan.

9. Mencegah kanker

Teh adas memiliki banyak antioksidan yang dapat menjauhkan dari kanker. Dikarenakan tinggi serat dan vitamin C, teh adas dapat meningkatkan sistem kekebalan secara signifikan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini