5 Gerakan Cegah Nyeri Leher Akibat Lama di Depan Laptop

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 17 Februari 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 17 481 2363707 5-gerakan-cegah-nyeri-leher-akibat-lama-di-depan-laptop-Uu4YruYZJa.jpg Ilustrasi nyeri leher karena terlalu lama di depan laptop. (Foto: Freepik)

NYERI leher merupakan gangguan muskuloskeletal kedua yang paling umum. Salah satu penyebabnya karena penggunaan teknologi yang berkepanjangan seperti komputer, laptop, atau ponsel. Ini dapat mengakibatkan otot-otot di area leher menjadi tegang sehingga terasa nyeri dan tak nyaman.

Aktivitas bekerja dari rumah, sekolah dari rumah, ditambah aktivitas hiburan seperti menonton dari laptop atau tablet di masa pandemi covid-19 saat ini akhirnya membuat rasa nyeri di bagian leher jadi tak terhindarkan. Lalu bagaimana meredakannya?

Baca juga: Wajib Waspada jika Alami Nyeri Pinggang Lebih dari 1 Jam Setiap Pagi 

Mengutip dari Today, Selasa (16/2/2021), berikut lima gerakan peregangan atau stretching, seperti direkomendasikan ahli kesehatan dan fitness Stephanie Mansour, untuk meredakan nyeri leher.

Laptop. (Foto: Kaitlyn Baker/Unsplash)

1. Gerakan atas-bawah-kanan-kiri

Posisikan leher sehingga Anda melihat ke bawah ke arah lantai. Perlahan-lahan angkat kepala ke atas sehingga bisa melihat ke langit-langit. Setelah bisa melihat ke bawah dan ke atas, lalu tengok kanan dan kiri. Miringkan telinga kanan ke arah bahu kanan dan berhenti sejenak ketika Anda merasakan peregangan. Lakukan hal yang sama untuk sisi kiri, dan pastikan untuk bergerak di antara setiap posisi secara perlahan. Tahan sekira 15 sampai 30 detik di setiap posisi. Bernapaslah dengan relaks.

2. Jepit leher

Untuk gerakan ini, Anda harus duduk di kursi atau di lantai. Pertama, letakkan telapak tangan di bagian belakang kepala dengan posisi siku keluar ke samping. Lalu pelan-pelan, arahkan siku ke arah bawah, membimbing kepala ke depan dan membawa dagu ke arah dada. Jangan menarik leher ke bawah, tetapi biarkan berat tangan Anda lah yang menambahkan peregangan yang lebih dalam. Tarik napas dalam-dalam masuk dan keluar melalui hidung, tahan selama sekira 30 detik.

Baca juga: Jangan Keburu Minum Obat, Nih 5 Makanan untuk Pereda Rasa Nyeri 

3. Roll bahu

Gerakan ini membantu untuk mengendurkan sisi leher dan otot trapezius (bagian belakang leher). Caranya, Anda harus berdiri atau duduk setinggi mungkin. Lalu bernapas dan bergerak perlahan, tanpa menggerakkan lengan, pelan-pelan tarik bahu ke arah telinga lalu ke bagian belakang, lalu kembali ke posisi awal, dan putar secara perlahan. Ulangi gerakan dengan arah ini sebanyak tiga kali, baru setelah itu ubah arah perputarannya.

4. Rotasi leher

Buat dagu sejajar dengan lantai, putar kepala secara perlahan dari satu sisi ke sisi lainnya dengan mengarahkan pandangan ke kanan, sehingga dagu berada di atas bahu kanan. Lalu ke kiri, sehingga dagu Anda berada di atas bahu kiri. Tarik napas saat berpaling ke satu sisi yang lain, dan embuskan napas saat berganti ke sisi yang lain. Sebisa mungkin lakukan gerakan ini dengan lembut dan lambat. Satu set gerakan, diulangi sebanyak sepuluh kali.

Baca juga: Masyarakat Hanya Perlu Bawa KTP untuk Registrasi Vaksin Covid-19

5. Retraksi leher

Gerakan ini bisa dilakukan berdiri ataupun duduk selama Anda bisa menjaga postur tubuh dengan benar. Gerakan pertama dimulai dengan memimiringkan kepala sedikit ke arah bawah, tetapi dengan pandangan lurus ke depan. Pertahankan posisi ini sambil perlahan-lahan gerakkan kepala Anda ke belakang sejauh yang Anda bisa tanpa tegang. Untuk lebih mudahnya, bayangkan ada seseorang menekan dagu ke kepala Anda, lalu kembali ke posisi netral. Ulangi gerakan peregangan ini sekitar sepuluh kali, dan jangan lupa untuk menahan selama 5 detik di setiap gerakan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini