Hati-Hati, 4 Makanan Ini Bisa Sebabkan Jerawat di Wajah

Uthari Handayani, Jurnalis · Rabu 17 Februari 2021 21:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 17 481 2363738 hati-hati-4-makanan-ini-bisa-sebabkan-jerawat-di-wajah-BQlLoiC66V.jpg Ilustrasi jerawat di wajah. (Foto: Drobotdean/Freepik)

JERAWAT tidak saja disebabkan faktor luar seperti produksi sebum berlebihan atau kotoran yang menempel di wajah wajah. Tapi ketahuilah bahwa apa yang makanan yang dikonsumsi juga bisa memengaruhi munculnya jerawat.

Hal ini sudah diteliti National Institutes of Health. Ditemukan beberapa makanan yang berpotensi tinggi menimbulkan jerawat, meskipun sebenarnya tidak perlu dihindari sepenuhnya.

Baca juga: Cuci Muka Sebelum Ganti Masker Ampuh Cegah Jerawat 

Sebagai langkah pencegahan timbulnya jerawat di wajah, kurangilah porsi makan tertentu, kemudian konsumsi nutrisi seimbang.

Lalu apa saja makanan yang bisa menyebabkan jerawat di wajah itu? Berikut daftarnya, seperti dilansir laman Healthline.

Gula. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

1. Biji-bijian dan gula

Biji-bijian mengandung banyak karbohidrat yang mana menyimpan juga gula. Jadi, makan terlalu banyak karbohidrat dpat meningkatkan gula darah dan kadar insulin yang berperan dalam perkembangan jerawat.

2. Produk susu

Mengonsumsi produk susu dikaitkan dengan peningkatan keparahan jerawat. Ini karena susu diketahui dapat meningkatkan kadar insulin.

Baca juga: 5 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Kulit, Bisa Obati Jerawat Lho 

3. Makanan tinggi omega-6

Makanan yang tinggi asam lemak omega-6 dan rendah omega-3 bersifat proinflamasi, sehingga dapat mendorong peradangan dan memperburuk keparahan jerawat.

4. Cokelat

Sebuah studi menemukan bahwa pria rentan berjerawat yang mengonsumsi 25 gram cokelat hitam 99 persen setiap hari mengalami peningkatan jumlah jerawat hanya dalam dua minggu. Cokelat dapat meningkatkan reaktivitas sistem kekebalan terhadap bakteri penyebab jerawat.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini