1.500 Pedagang Pasar Tanah Abang Sudah Divaksin Covid-19

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 17 Februari 2021 17:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 17 481 2363745 1-500-pedagang-pasar-tanah-abang-sudah-divaksin-covid-19-6sObPnfqMl.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: USC News)

Rabu 17 Februari 2021, program vaksinasi Covid-19 di Indonesia sudah berlanjut ke tahap dua, yakni untuk kelompok pekerja petugas pelayan publik.

Memulai tahap dua vaksinasi, hari ini Kementerian Kesehatan RI menyasar ribuan pedagang Pasar Tanah Abang untuk disuntik vaksin Covid-19. Dari siaran pers resmi Kemenkes RI, Rabu (17/2/2021) tercatat total pedagang yang akan divaksinasi sekitar 9 ribu orang, dengan perhitungan per hari akan sebanyak 1.500 orang pedagang yang akan disuntik vaksin Covid-19.

 Vaksinasi pedagang tanah abang

Sejauh ini, para pedagang yang divaksin tersebut berasal dari blok A dan blok B Pasar Tanah Abang. Pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan hari ini, dihelat di dua titik lokasi.

Pertama di lantai 8 Pasar Tanah Abang bagi pedagang dan lantai 12 A bagi pegawai PD Pasar Jaya. Vaksinasi bagi pedagang di blok lainnya akan dilakukan di sesi berikutnya.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Pasar Tanah Abang digelar bersama dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dengan melibatkan beberapa Puskesmas yakni Puskesmas Tanah Abang, Puskesmas Senen, Puskesmas Kemayoran, Puskesmas Taman Sari, dan Puskesmas Cengkareng.

Vaksinasi tahap dua bagi pedagang ini dilakukan karena mereka dianggap sebagai kelompok rentan tertular virus SARS-CoV-2, mengingat setiap hari para pedagang melakukan kontak langsung dengan banyak pelanggan.

Dr.dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS, Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes menyebutkan, harapannya vaksinasi bisa dilakukan kepada para pedagang lainnya di 34 Provinsi di Indonesia.

“"Diharapkan setelah pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi pedagang Pasar Tanah Abang ini, dapat dilakukan juga bagi pedagang lainnya di seluruh Indonesia dan semua kalangan dengan profesi yang rentan tertular Covid-19,” kata Dr.dr. Maxi

Vaksinasi ribuan pedagang dan pekerja pelayanan publik di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat ini diketahui dihadiri dan dipantau langsung Presiden Joko Widodo, Menkes Budi Gunadi Sadikin, dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Untuk diketahui, vaksinasi Covid-19 tahap dua ini juga diperuntukkan bagi kelompok masyarakat dengan profesi yang rentan terpapar Covid-19. Contohnya seperti tenaga pendidik, pelaku pariwisata, petugas pelayanan publik, pekerja transportasi publik, atlet, dan wartawan, tokoh agama, wakil rakyat, pejabat pemerintah, aparatur sipil negara, serta anggota TNI-Polri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini