8 Makanan Penghilang Rasa Cemas, Cukup Ampuh Lho

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2021 05:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 17 481 2363868 8-makanan-penghilang-rasa-cemas-cukup-ampuh-lho-2w7QeoOrVI.jpg Ilustrasi rasa cemas. (Foto: Jcomp/Freepik)

RASA cemas merupakan respons normal terhadap stres yang dialami sebagian orang. Saat stres dan mengalami kecemasan, kesehatan tubuh mulai terpengaruh.

Ini dapat menyebabkan beberapa masalah serius. Cemas dan stres memiliki efek negatif pada fisiologi tubuh dan dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan medis.

Baca juga: 9 Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan, Lindungi Jantung hingga Redakan Cemas 

Hormon stres seperti kortisol dapat merusak kesehatan tubuh. Ketidakseimbangan hormon tertentu juga dapat menyebabkan stres.

Kebanyakan orang mengatasinya dengan cara makan demi mendapatkan kenyamanan lagi. Tetapi, mereka tidak memilih makanan yang tepat untuk dapat menenangkan saraf.

Sebagaimana dilansir NDTV, berikut makanan yang dapat membantu mengatasi rasa cemas.

1. Konsumsi karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks dari biji-bijian membantu melindungi dari perasaan tertekan. Karbohidrat juga dikenal meningkatkan serotonin di otak dan sebagai hormon bahagia. Beri jarak waktu yang tepat di setiap makanan utama. Pastikan makanan mengandung gandum/gandum utuh, quinoa, barley, atau biji-bijian lainnya untuk membuat Anda tetap berenergi dan bahagia.

Roti gandum. (Foto: Boldsky)

2. Konsumsi buah jeruk dalam diet harian

Buah jeruk sumber vitamin C terkaya yang juga dapat membantu mengendalikan stres. Vitamin C telah dapat mengurangi stres fisik dan mental dengan mencegah peningkatan kadar kortisol.

Baca juga: Cemas, Coba Konsumsi Berbagai Vitamin Berikut Ini 

3. Makanan kaya magnesium

Magnesium adalah mineral yang terkait dengan pengurangan fungsi otak yang memperburuk kecemasan. Nutrisi ini bisa ditemukan di sayuran berdaun hijau. Mulai dari bayam hingga kale, alpukat, kacang-kacangan, dan pisang juga merupakan makanan yang dapat membuat bahagia. Magnesium juga dapat meningkatkan peradangan yang merupakan efek samping kecemasan.

4. Makanan kaya seng

Zat seng dapat ditemukan dalam kacang mete, unggas, dan telur. Ini membantu tubuh mengatasi stres. Seng juga merupakan mineral penting untuk sistem saraf dan saraf vagus sehat yang menghubungkan otak ke seluruh tubuh.

5. Makan lebih banyak omega-3

Lemak omega-3 dikaitkan dengan peningkatan stres oksidatif, pengendalian kecemasan dengan meningkatkan fungsi otak. Omega-3 ada di dalam ikan berlemak, kacang kenari, dan biji rami sebagai lemak sehat.

6. Minum teh

Teh merupakan salah satu minuman yang bisa menenangkan orang dan membuat mereka bahagia. Daun teh, terutama teh hijau, dapat membantu menenangkan saraf karena kaya akan antioksidannya. Teh kamomil digunakan untuk menenangkan dan membantu tidur lebih nyenyak.

Baca juga: Penelitian Ungkap Orang yang Kurang Tidur Sangat Rentan Alami Kecemasan 

Cokelat. (Foto: Nattiononlineng)

7. Cokelat dan kopi

Cokelat dan kopi merupakan penghilang stres dan pemberi energi utama. Sekira 70 persen cokelat hitam memiliki flavonoid kakao tinggi yang membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan jantung, sehingga dapat mengurangi kecemasan. Biji kopi juga kaya akan antioksidan dan kopi membantu memberi energi pada tubuh serta meningkatkan mood. Cukup minum 2 cangkir per hari, karena jika berlebihan justru dapat menimbulkan kecemasan.

8. Sertakan kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang telah digunakan untuk mengobati kecemasan dan depresi selama berabad-abad. Ini terkait peningkatan hormon bahagia serotonin dan dopamin. Faktanya, ini dikatakan sama efektifnya dengan obat antidepresan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini