Unik, Kantor Ini Hanya Sebesar Bilik Telepon Umum

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 17 Februari 2021 12:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 17 612 2363538 unik-kantor-ini-hanya-sebesar-bilik-telepon-umum-F4B92Iq16S.jpg Kantor kecil unik (Foto: Oddity)

Tren telecubes kini sedang bermunculan di Jepang. Telecubes adalah kantor keliling seukuran bilik telepon umum. Unik ya!

Media Jepang awalnya melaporkan munculnya telecubes pertama kali pada tahun 2019. Kemunculan ini setelah Mitsubishi Estate mengumumkan rencana untuk mulai meluncurkan kantor kecil namun nyaman di bandara dan stasiun kereta api di seluruh negeri.

kantor kecil

Tujuan utamanya adalah untuk membantu para pekerja jarak jauh. Mereka memiliki ide dengan membuat kantor mikro yang tersedia di mana-mana akan memudahkan orang untuk bekerja di dekat rumah atau saat dalam perjalanan bisnis.

Meskipun demikian, mereka juga bisa sambil menikmati privasi dan ketenangan yang tidak selalu ditawarkan di tempat seperti kedai kopi atau kantor bersama. Setelah pandemi Covid-19 melanda, permintaan telecubes tumbuh dengan pesat diluar yang dibayangkan sebelumnya.

Melansir dari Oddity Central, Senin (15/2/2021), melaporkan bahwa kantor telecubes sekarang juga tersedia di toko swalayan, sehingga memberikan kesan baru pada kenyamanan. Saat ini terdapat lebih dari 100 ruang kantor publik semacam itu di Jepang.

Namun permintaan yang terus meningkat menunjukkan bahwa jumlahnya telecubes bisa melonjak hingga lebih dari 1.000 unita dalam beberapa tahun mendatang.

Kotak kedap suara berukuran sekitar dua meter dan lebar satu meter, dilengkapi dengan meja, tempat duduk, PC, stopkontak, dan perangkat lunak konferensi video dari VCube. Peralatan ini dapat diatur di luar ruangan maupun di dalam ruangan.

Semua peralatan diatur dalam format tunggal, dan model yang dirancang untuk banyak individu. Pada kasus ini, telecubes dapat mengakomodir pertemuan tatap muka yang diperlukan selama masa pandemi.

Pada November 2018, Mitsubishi Estate mulai menyewakan kantor pribadi telecube per jam, sebagai percobaan, di gedung Tokyo miliknya sendiri. Ternyata hasilnya sangat positif sehingga sekarang mereka sedang berjuang untuk memenuhi permintaan.

Fleksibilitas untuk dapat bekerja dari mana saja secara virtual, dan biayanya yang rendah dibandingkan dengan ruang gedung perkantoran biasa, membuat telecubes sangat populer. Telecubes dapat dipesan terlebih dahulu melalui aplikasi smartphone khusus.

Jika Anda bukan anggota terdaftar, maka harus membayar 250 yen atau sekira Rp33 ribu untuk setiap 15 menit penggunaan. Sementara itu kebanyakan orang tidak keberatan membayar, sebab dapat membantu mereka menyelesaikan pekerjaan.

Dalam segi keamanan, data dan riwayat penelusuran dari PC dihapus setiap digunakan. Ini bertujuan untuk melindungi kerahasiaan bisnis. Telecubes bahkan memiliki ventilasi, yang seharusnya mengurangi kemungkinan infeksi virus SARS-CoV-2, penyebab Covid-19.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini