Bukan Dipasung, Ini 5 Cara Sembuhkan Gangguan Kesehatan Mental

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 17 Februari 2021 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 17 612 2363614 bukan-dipasung-ini-5-cara-sembuhkan-gangguan-kesehatan-mental-QZSYwhpEZS.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

STRES seringkali menimbulkan penyakit fisik dan gejala psikologis. Ada beberapa penyebab kondisi kesehatan mental seperti mudah tersinggung, depresi, cemas, hingga pola makan yang buruk yang dapat berujung pada terganggunya kesehatan fisik.

Terkadang, menyembuhkan penyakit mental sama sulitnya dengan fisik. Ini karena jika Anda terus terpuruk dan enggan bangkit, bahkan psikiater pun tak akan bisa membantu Anda. Sayangnya, beberapa kasus di Indonesia mereka yang mengalami gangguan mental malah dipasung.

Padahal, keinginan untuk sembuh harus tertanam dari diri Anda sendiri. Karenanya, melansir Times of India, berikut beberapa cara penyembuhan holistik yang dapat membantu meningkatkan dan mengembangkan kesejahteraan kesehatan mental.

stres

Modern Medical Healing

Ini akan melibatkan psikiater yang berperan untuk meresepkan obat bersama dengan psikolog klinis yang menyediakan Intervensi terapeutik. Ini membantu individu dengan penyakit mental untuk mengubah perilaku, pikiran, atau emosi tertentu.

Intervensi Pikiran

Tubuh kita mencakup pendekatan perilaku, psikologis, sosial, dan spiritual seperti meditasi, perhatian, yoga, hipnosis, dll. Karenanya, dengan latihan meditasi atau kesadaran, seseorang belajar untuk lebih sadar akan pikiran dan perasaannya, dan akhirnya bisa menghadapi emosinya dengan lebih baik.

Diet dan herbal

Diet makanan sehat menyebabkan fluktuasi suasana hati yang lebih sedikit dan pandangan yang lebih bahagia secara keseluruhan serta peningkatan kemampuan untuk fokus. Ini juga membantu dengan gejala depresi dan kecemasan. Sebaliknya, pola makan yang tidak sehat dikaitkan dengan peningkatan risiko demensia atau stroke.

Spiritual

Penyembuhan spiritual dan energi melibatkan keyakinan bahwa 'tubuh energi' Anda memengaruhi kesehatan mental Anda. Misalnya, penyembuhan Reiki / telapak tangan membantu dalam pengurangan stres dan relaksasi dan juga dapat membantu gejala depresi.

Penyembuhan dengan melibatkan seni

Penyembuhan menggunakan indra melibatkan seni, tarian, dan musik, visualisasi, dan pencitraan. Misalnya, Terapi Seni membantu penyembuhan melalui penggunaan warna yang mengaktifkan organ dan kelenjar kita. Jadi, ketika kita melihat warna dan menyentuhnya, itu membantu peremajaan pikiran dan jiwa kita.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini